Tips & Trik Memulihkan Burung Branjangan Macet Bunyi

  • Whatsapp

Banyak kicaumania yang mengaku cukup kesulitan saat merawat burung branjangan. Salah satu permasalahan paling umum adalah burung rawatannya yang tak juga mau mengeluarkan suara kicauannya dengan kencang. Bahkan tak sedikit juga yang burungnya macet bunyi meski sudah dirawat cukup lama.

Memulihkan burung branjangan yang macet bunyi sering dianggap sebagai pekerjaan yang gampang-gampang susah. Branjangan memiliki karakter yang sulit ditebak sehingga proses pemulihannya kadang bisa memakan waktu. Namun jika sudah mengetahui trik-trik berikut ini, maka memulihkan branjangan yang macet bunyi bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah.

Berikut tips dan trik memulihkan burung branjangan yang macet bunyi:

  • Mengganti pasir yang digunakan sebagai alas sangkar dengan pasir atau tumbukan bata merah yang masih bersih. Bagian dasar sangkar burung branjangan yang jarang dibersihkan bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri, parasit dan jamur yang dapat menganggu kesehatan burung. Jika kondisi tersebut selalu dibiarkan, maka burung branjangan jadi rentan stres dan macet bunyi.
  • Burung branjangan yang terinfeksi kutu atau tungau bulu pun bisa mengalami macet bunyi. Kondisi tersebut akan terus berlanjut sebelum kutu atau tungau dibersihkan tuntas dari kulit dan bulu burung. Oleh karena itu, jika branjangan alami hal tersebut maka yang bisa dilakukan kicaumania adalah segera membersihkan bulu dan kulit burung menggunakan desinfektan alami yang aman digunakan, salah satunya adalah dimandikan dengan air rebusan daun sirih.
  • Rutin mengganti pakan dan air minum dengan yang baru setiap kali terlihat kotor. Pakan yang tidak layak konsumsi seperti rusak, berjamur atau berkutu dapat menyebabkan burung rentan sakit yang menyebabkannya jadi macet bunyi.
  • Memberikan EF alternatif khususnya jenis serangga yang sangat disukainya di alam liar seperti belalang hijau. Selain belalang hijau, pastikan juga burung branjangan tersebut mendapatkan makanan tambahan lainnya seperti jangkrik, kroto, dan ulat hongkong.
  • Gantungkan sangkarnya di tempat tertinggi misalnya di tiang kerekan. Hal ini akan mensimulasikan kawasan teritorialnya yang cukup luas sehingga burung akan terpancing untuk mau berbunyi.
  • Cara lain adalah ditempel dengan burung branjangan betina yang rajin memanggil atau sudah gacor.
  • Untuk mendukung perawatan dan pemulihan burung branjangan yang macet bunyi maka pemberian suplemen vitamin yang tepat harus segera dilakukan. Gunakan multivitamin yang memiliki kandungan anti stres seperti yang dapat mempercepat proses pemulihannya. Multivitamin yang diberikan secara rutin juga dapat menjadikan burung makin terpancing untuk rajin bunyi dengan suara kicauannya yang lebih keras dari biasanya.

Itulah tips dan trik memulihkan burung branjangan yang macet bunyi.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *