Tips Settingan Kenari untuk Lomba agar Tampil Maksimal

  • Whatsapp

Kenari yang mampu tampil maksimal ketika dilombakan, tentu akan memberikan hasil yang lebih memuaskan. Untuk mendapatkan kenari dengan gaya dan penampilan tersebut, maka perawatan dan setelan yang tepat harus diterapkan. Berikut tips settingan kenari untuk lomba. 

Sebelum melombakan burung kenari kesayangan, maka langkah pertama yang harus diperhatikan adalah melakukan perawatan yang tepat untuk menstabilkan birahinya. Perawatan yang istimewa tersebut dikenal sebagai settingan atau setelan harian.

Selain melatih fisik dan mentalnya, settingan yang tepat dapat membantu menstabilkan birahi burung sehingga akan tampil lebih maksimal pada waktu dilombakan.

Settingan untuk lomba umumnya mulai dilakukan sejak 5-6 hari sebelum hari H. Berikut tips mencari settingan kenari untuk lomba agar bisa tampil maksimal:

  • Lima – enam hari sebelum dilombakan (H-6), burung kenari tersebut mulai dipisahkan dari keberadaan burung sejenis. Penyendirian ini bertujuan agar kondisi birahinya tetap stabil.
  • Selama dirawat sendirian itu, burung rutin dimandikan setiap pagi dengan cara disemprot sampai basah.
  • Selesai dimandikan, kenari diangin-anginkan sebentar lalu dijemur di bawah sinar matahari pagi selama 2 jam.
  • Empat hari sebelum lomba (H-4), kenari diberikan pakan biji-bijian yang berkualitas, disertai dengan pakan tambahan berupa potongan buah apel dan telur puyuh rebus.
  • Tiga – dua hari sebelum lomba (H-3), penjemuran mulai dikurangi dan pada saat ini, kenari tersebut harus mendapatkan asupan suplemen tambahan untuk menjaga kondisi fisik, stamina, kesehatan, dan birahinya.
  • Pagi hari sebelum dilombakan, pemberian dedaunan hijau mulai diterapkan, misalnya burung diberikan daun mengkudu muda atau bisa juga jenis dedaunan lain yang bermanfaat.
  • Satu jam sebelum burung digantang, berikan potongan telur puyuh rebus untuk meningkatkan birahinya.
  • Menjelang kenari dilombakan, bersihkan dahulu sangkar dari kotoran dan sisa-sisa pakan yang berceceran.
  • Sebelum digantang, semprotkan sedikit air pada tubuh dan kaki kenari tersebut. Penyemprotan bisa juga dilakukan pada tenggeran yang digunakannya.

Pemberian suplemen yang tepat sebelum burung dilombakan menjadi salah satu bentuk cara kicaumana menjaga kondisi burung peliharaan. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatannya, suplemen yang baik akan menjadikan burung lebih rajin berkicau dengan durasi yang panjang.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *