Tips & Settingan Kacer Agar Cepat Gacor dan Ngobra

  • Whatsapp

Gacor dan ngobra adalah kondisi ketika kacer sudah berada dalam tahap top form atau performa puncaknya, tinggal bagaimana kita mengunci kondisi tersebut dengan berusaha menjaga kestabilan birahinya. Untuk panduan, berikut tips dan settingan kacer cepat gacor dan ngobra.

Namun begitu, tidak semua kacer bisa dirawat dan dilatih hingga pada kondisi gacor dan ngobra, aplagi jika burung tersebut didapatkan dari hasil tangkapan liar alias bakalan. Perlu pola rawatan yang sangat ekstra termasuk melatihnya untuk jinak dan beradaptasi dengan sangkar, pakan, dan lingkungannya.

Ada beberapa faktor yang mampu mempengaruhi penampilan kacer di rumah maupun di lapangan, yaitu:

  • Menyediakan lingkungan yang aman dan nyaman, termasuk tidak melihat atau mendengar burung sejenis, karena kacer adalah jenis burung dengan karakter petarung atau fighter.
  • Menjaga ketersediaan pakan utama dan tambahannya.
  • Menjaga kebersihan sangkar dan lingkungan sekitar sangkar.
  • Memberikan multivitamin yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan dan membantu meningkatkan staminanya sepanjang hari.

Berikut tips dan settingan kacer agar cepat gacor dan ngobra

Kunci utama dalam menjadikan kacer cepat gacor dan ngobra adalah memperhatikan asupan pakanya. Kacer adalah jenis burung insektivora yaitu pemakan serangga, sehingga dalam perawatan hariannya harus selalu tersedia beberapa jenis serangga yang disukainya.

Namun untuk pemilihan serangga tersebut tentu tidak sembarangan, terlebih jika tujuannya adalah untuk membuatnya semakin rajin bunyi. Ada beberapa jenis serangga yang umum digunakan karena bermanfaat untuk menaikkan birahinya, seperti jangkrik, kroto, dan ulat hongkong.

Settingan harian agar kacer cepat gacor 

  • Setiap pagi burung diembunkan.
  • Setelah matahari terbit, mandikan dengan menggunakan karamba mandinya. Ketika kacer tersebut sedang dimandikan, Anda bisa segera membersihkan sangkar dan perlengkapannya dari debu dan kotoran.
  • Berikan pakan voer yang bagus dan air minum bersih segar yang sudah diteteskan multivitamin
  • Selesai mandi, kacer diangin-anginkan, lalu diberikan 1 cepuk kroto dan 5 ekor jangkrik. Selanjutnya burung dijemur sampai pukul 10:30 – 11:00.
  • Selesai dijemur, kacer bisa dilatih dalam kandang umbaran sampai pukul 13:00 – 14:00.

    Selesai diumbar, kemudian dipindahkan ke dalam sangkar hariannya, lalu diberikan 5 ekor jangkrik dan full kerodong sampai esok harinya.

Settingan agar kacer cepat ngobra 

Settingan ngobra dilakukan setelah kacer terlihat rajin bunyi, sukur-sukur kalau burung sudah gacor. Tapi perlu diketahui, ngobra adalah kemampuan yang dimiliki kacer sehingga tiap-tiap individu burung bisa saja berbeda gaya ketika ngobra.

Ada beberapa tahap pelatihan untuk menjadikan kacer cepat ngobra, yaitu:

  • Memberikan terapi untulan dengan burung sejenis. Terapi ini dilakukan untuk melatih mental fighternya sekaligus memancing agar kacer mau ngobra dan dilakukan setiap 1-2 kali seminggu.
  • Mengatur pakan tambahan (EF). khususnya yang dapat menaikkan birahinya dengan cepat sambil tetap memperhatikan kondisinya. Setelan pakan yang cocok akan mampu mendongkrak stamina dan birahinya tetapi tidak sampai menjadikannya over birahi atau tetap memiliki birahi yang stabil.
  • Memberikan terapi sauna jika dibutuhkan. Terapi sauna adalah proses penjemuran dengan sangkar tetap menggunakan kerodong. Namun hal ini sebaiknya dilakukan ketika kondisi kacer telah benar-benar fit untuk menjaganya agar tidak mudah ngedrop.

Selain latihan dan terapi di atas, settingan kacer cepat ngobra harus disertai pula dengan pola rawatan rutin lainnya seperti pengembunan dan pemasteran. Ketika peforma burung telah memuncak, maka kacer akan mudah sekali ngobra dengan gayanya yang garang saat dilombakan.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *