Tips Rawatan Lovebird Paud yang Jarang Bunyi

  • Whatsapp

Lovebird adalah jenis burung yang memiliki sifat lincah, aktif, dan senang berkicau. Namun tak semua lovebird bisa cerewet, karena ada juga beberapa individu yang justru cenderung membisu alias jarang bunyi. Jika hal ini menimpa burung lovebird muda yang disiapkan untuk lomba, maka harus segera ditangani dengan settingan berikut.

Istilah paud atau balibu umum digunakan di kalangan penghobi lovebird untuk mengenali burung yang masih berumur di bawah lima bulan atau balibu. Di kalangan penggemarnya, memelihara lovebird yang masih paud ini cukup diminati karena bisa dilatih dan disiapkan sebagai burung lomba.

Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab mengapa lovebird paud / balibu menjadi kurang aktif dan malas berbunyi. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Burung tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dari pakan utama dan tambahannya,
  • Tidak terpenuhinya kebutuhan vitamin dan mineral,
  • Burung tidak mendapatkan perawatan yang semestinya, misalnya jarang mandi dan dijemur,
  • Bawaan genetik atau birahi burung secara genetik memang kurang bagus,
  • Burung terserang penyakit yang mengganggu organ pernafasan.

Settingan perawatan lovebird paud yang kurang aktif dan jarang bunyi

Untuk mengatasi lovebird paud / muda yang kurang aktif dan jarang bunyi tersebut, maka penanganan pertama yang harus diterapkan adalah mengubah pola pakan dengan yang lebih baik kualitas dan manfaatnya.

Pemberian pakan tambahan (EF) mulai lebih dibuat rutin dan teratur. Ada dua jenis pakan tambahan yang bisa diberikan, yaitu kangkung dan jagung manis. Pemberian pakan tambahan tersebut dilakukan secara bergantian setiap beberapa hari sekali.

Selain pengaturan pola pakan tersebut, pengembunan rutin bisa dilakukan untuk tujuan menjadikan burung lebih segar dan berstamina. Jangan lupa, tambahkan vitamin Sup Plus Bird ke dalam air minumnya untuk menjaga kondisi, stamina, dan merangsang burung agar lebih rajin ngekek.

Pada pagi hari atau setelah matahari terbit, lovebird dibiasakan mandi dengan cara disemprot hingga basah kuyup. Selesai mandi, burung diangin-anginkan di tempat teduh selama beberapa menit, setelah itu baru kemudian dijemur di bawah sinar matahari.

Penjemuran bisa dilakukan selama 1 s/d 2 jam yang bertujuan untuk mendongkrak birahinya agar cepat gacor.

Selesai dijemur, burung dikerodong lalu disimpan di tempat teduh sambil diberikan pemasteran dengan suara-suara masteran yang sesuai.

Dengan menerapkan pola settingan seperti di atas, dalam waktu yang tidak terlalu lama Anda akan bisa melihat perbedaannya. Lovebird paud menjadi lebih aktif, lincah, dan mulai rajin berbunyi.

Setelah performanya mulai merangkak naik, perubahan settingan kembali diterapkan terutama untuk menjadikan lovebird makin gacor ngekek dengan durasi yang lebih panjang dan siap lomba. Untuk settingan tersebut, silakan buka lagi tulisannya di sini:

Tips membangkitkan mental tempur lovebird pauds

Settingan alternatif jebol birahi lovebird paud dan bakalan

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *