Tips Rawatan Lovebird di Musim Kemarau/Panas

  • Whatsapp

Beberapa daerah di Indonesia saat ini masih mengalami kekeringan akibat musim kemarau yang panjang. Kondisi cuaca dan suhu yang sangat terik itu tentu akan menjadi sesuatu yang kurang menguntungkan bagi para penghobi burung, khususnya lovebird. Berikut tips rawatan lovebird di musim kemarau agar tidak stres dan sakit.

Kondisi suhu dan cuaca yang panas dan kering dapat memicu munculnya berbagai penyakit yang disebabkan debu dan virus. Selain itu, kondisi tersebut juga dapat menaikkan suhu tubuh burung dengan cepat sehingga lovebird sangat rentan alami stres dan sakit.

Ada beberapa penyakit yang sangat umum menyerang burung lovebird di musim kemarau, di antaranya adalah:

  • Lovebird mengalami dehidrasi yang membuatnya lebih banyak minum ketimbang, akibatnya burung bisa kurus karena kekurangan gizi dan kotorannya pun cenderung berair.
  • Gangguan pernafasan bisa terjadi pada burung lovebird, dan bisa menyebabkan suara serak, macet bunyi, serta berbagai masalah umum lainnya.
  • Bulu lovebird akan kering dan gampang rontok.
  • Lovebird mengalami heat stress karena suhu ruangan yang terlampau tinggi.
  • Kematian bisa terjadi jika lovebird terus menerus berada di tempat bersuhu panas dalam jangka waktu yang cukup lama.

Untuk mencegah lovebird mengalami permasalahan tersebut di atas, maka settingan dan pola rawatannya pada musim panas dan kemarau harus lebih diperhatikan.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk perawatan lovebird pada musim kemarau agar tidak stres dan sakit:

  1. Rutin mengeluarkan lovebird pada pagi hari untuk diembunkan. Pengembunan berguna agar burung mendapatkan udara yang lebih sejuk dan segar, serta memberikan kelembaban.
  2. Memandikan lovebird hingga basah kuyup dengan cara disemprot atau menggunakan bak mandi kecil yang dimasukkan ke dalam sangkarnya. Selesai mandi burung cukup diangin-anginkan saja untuk mengeringkan bulu-bulunya. Pemberian mandi bisa juga dilakukan pada sore harinya, terutama untuk menjaga kesegaran tubuhnya.
  3. Gantangkan sangkarnya di tempat teduh dan lembab, atau bila perlu bisa membuat kelembaban sendiri misalnya secara teratur menyemprot sangkarnya dengan hand sprayer atau meletakkan alat pelembab udara di ruangan / lokasi tersebut.
  4. Untuk lovebird yang dipelihara dalam kandang ternak, menjaga dan memberikan kelembaban bisa dilakukan dengan meletakkan wadah atau baskom yang berisi spons basah di dasar sangkarnya.
  5. Berikan pakan biji-bijian yang baik kualitasnya karena dapat membantu menjaga daya tahan tubuhnya.
  6. Tambahkan mulvitamin dalam perawatan hariannya, karena sangat bermanfaat dalam membantu menjaga kesehatannya sepanjang hari, khususnya ketika suhu mulai terasa lebih panas dan kering.

Demikian tips perawatan lovebird di musim kemarau agar tidak stres dan sakit.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *