Tips Rawatan Kacer Ngedrop Agar Kembali Siap Lomba

  • Whatsapp

Sebagai burung petarung atau fighter, kacer harus sudah dalam kondisi yang sangat fit jika ingin dilombakan. Jika tidak, maka ia akan rentan sekali ngedrop terutama saat berhadapan dengan lawan main yang super agresif.

Jika kacer sudah terlanjur ngedrop, maka tidak ada jalan lain kecuali harus segera memulihkan kondisinya. Selain tidak akan bisa tampil maksimal saat akan dilombakan, kacer pun rentan ngebalon atau ngebagong ketika mendengar kacer lain bersuara cukup keras.

Berikut beberapa tips rawatan kacer ngedrop agar kembali siap lomba:

  1. Memulihkan mentalnya dengan cepat bisa dilakukan dengan cara menjauhkan kacer dari burung bertipe fighter lainnya seperti burung sejenis, murai batu, tledekan, dan sebagainya.
  2. Tempatkan sangkarnya di lokasi yang teduh, nyaman, dan aman dari gangguan burung maupun hewan peliharaan lain. Lingkungan yang aman dan nyaman akan cepat memicu sifat teritorialnya sehingga mentalnya akan kembali terdongkrak.
  3. Sangat direkomendasikan kacer digantung di lokasi yang ada suara air mengalir, misalnya aliran sungai atau bisa di dekat akuarium dan kamar mandi. Hal ini akan menjadi terapi alami untuk kacer memulihkan dirinya sendiri.
  4. Selama masa pemulihan dari ngedropnya itu, siapkan beberapa jenis pakan tambahan yang bermanfaat seperti jangkrik, ulat hongkong, dan kroto. Berikan pakan tersebut dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.
  5. Untuk mempercepat proses pemulihan kondisi dan mentalnya, maka setiap hari secara rutin kacer harus mendapatkan suplemen mulvitamin tambahan untuk membantu pemulihan burung yang stres, macet bunyi, dan ngedrop mental.
  6. Lakukan pengembunan rutin setiap pagi, lalu dilanjut dengan mandi menggunakan karamba mandinya. Penjemuran dilakukan seperlunya saja atau tidak lebih dari 1 jam.
  7. Siang s/d sore kacer dikerodong lalu diberikan pemasteran ulang untuk menambah variasi suara kicauannya, sekaligus memancing agar burung kembali gacor.
  8. Pada sore harinya, kacer kembali diberikan pakan tambahannya seperti biasa.
    Malam hari burung bisa diberikan terapi mandi malam yang disesuaikan kebutuhan.

Jika rutin melakukan pola rawatan di atas, maka tidak butuh waktu lama kacer akan kembali pulih kondisinya dan siap untuk dilombakan kembali.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *