Tips Rawatan Burung Cucak Kopi Agar Rajin Bunyi

  • Whatsapp

Cucak-kopi melayu atau di kalangan kicaumania lebih populer dengan sebutan burung kopi-kopi merupakan jenis burung yang biasa digunakan untuk masteran. Meski terdengar monoton, namun suara kicauan cucak-kopi akan sangat menarik jika mampu ditiru oleh burung peliharaan lainnya. Berikut tips rawatan burung cucak kopi agar rajin bunyi.

Walaupun cucak kopi sering dijual di pasar burung, namun jenis ini masih belum cukup populer di kalangan kicauan mania. Selain karena suaranya yang dianggap monoton, masih banyak yang beranggapan bahwa burung cucak kopi sangat susah dirawat.

Padahal, perawatan burung cucak kopi tidak jauh berbeda dengan perawatan burung kicauan jenis lainnya. Bahkan tidak membutuhkan perhatian secara khusus. Jika ingin menjadikannya rajin bunyi untuk masteran, maka perawatan harian harus dilakukan dengan rutin dan teratur.

Berikut tips rawatan burung cucak kopi agar rajin bunyi:

  • Untuk memancing agar burung cucak kopi rajin bunyi, maka pengembunan harus dilakukan dengan lebih rutin. lakukan pengembunan sejak 30 – 60 menit sebelum matahari terbit. Untuk hasil optimal, gantangkan sangkarnya di lokasi yang langsung terpapar sinar matahari pagi.
  • Jemur burung di bawah sinar matahari pagi selama 1 jam, setelah itu mandikan dengan cara disemprot dengan sprayer, atau dibiasakan mandi karamba.
  • Selama burung dimandikan, sangkar dibersihkan dari kotoran dan sisa pakan karena jika dibiarkan kotor akan dapat mengganggu kesehatannya.
  • Selesai mandi, burung diangin-anginkan sebentar sambil diberikan makanan ekstra (EF) yang terdiri dari 3 – 5 ekor jangkrik, dan 2 – 3 ekor ulat hongkong. Setelah itu, burung dijemur di bawah sinar matahari selama 30 – 60 menit.
  • Selesai penjemuran, burung ditempatkan di tempat teduh. Untuk memancingnya rajin bunyi, gantungkan sangkarnya di dekat burung peliharaan lain yang sudah gacor seperti kenari, pleci, gelatik batu, jalak suren, dsb.
  • Berikan buah pisang atau pepaya setiap beberapa hari sekali, untuk melengkapi kebutuhan nutrisi burung.
  • Pada sore harinya, burung kembali dijemur lalu berikan jangkrik 2-3 ekor, dan ulat hongkong 1 ekor.
  • Sebelum dimasukkan ke dalam rumah untuk beristirahat, pastikan sangkar sudah dibersihkan dari kotoran dan sisa-sisa makanan. Setelah itu, full kerodong sampai esok harinya.
  • Selain voer yang baik kualitasnya dan pakan tambahan (EF), untuk menjadikan cucak kopi makin gacor maka pemberian suplemen multivitamin.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *