Tips Perawatan Saat Murai Batu Mabung

  • Whatsapp

Mabung atau molting adalah masa di mana bulu burung akan rontok secara alami. Kondisi ini sudah merupakan siklus alamiah yang terjadi pada keluarga burung dan unggas. Ketika burung sedang mengalami mabung, maka perawatan yang tepat harus segera diterapkan. Berikut perawatan saat murai batu mabung.

Perawatan saat murai batu mabung menjadi satu hal yang sangat penting dilakukan, karena jika perawatannya salah maka bisa membuat burung jadi rusak. Selama mabung, metabolisme tubuh murai batu akan meningkat hampir 40% dari kondisi normal.

Perawatan yang salah saat murai batu mabung dapat menyebabkan proses mabung terganggu sehingga mabung bisa memakan waktu yang sangat lama. Oleh karena itu, burung murai batu saat mabung akan membutuhkan asupan nutrisi yang berkualitas baik dengan porsi yang lebih besar dari biasanya.

Selain itu, agar proses mabung bisa berlangsung sempurna, sebaiknya hindari mempertemuan murai batu dengan burung sejenis karena bisa menyebabkan birahi dan emosinya akan memuncak, akibatnya proses mabung pun akan terganggu.

Berikut beberapa perawatan saat murai batu mabung yang bisa diterapkan:

Saat bulu halus mulai terlihat rontok dan berserakan di dasar sangkarnya, segera pindahkan burung ke tempat yang sepi dan jauh dari aktivitas manusia maupun hewan peliharaan. Pada saat ini, akan lebih baik jika burung diberikan full kerodong.

Memandikan murai batu cukup seminggu sekali saja, sedangkan penjemuran dilakukan maksimal 20 menit setiap harinya.

Berikan pakan EF dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya, karena sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel-sel baru yang berkaitan dengan pertumbuhan bulu-bulunya. Settingan pakan standar yang bisa diberikan selama murai batu mabung adalah:

  • 5 (lima) ekor jangkrik diberikan setiap pagi dan sore hari,
  • 1 (satu) sendok makan kroto dan 3 ekor ulat hongkong diberikan setiap pagi,
  • 2 (dua) ekor cacing tanah diberikan dua hari sekali,

Memberikan tambahan multivitamin setiap dua hari sekali, karena sangat membantu dalam perawatan burung mabung serta menjaga kondisi dan staminanya agar mampu melewati masa mabung dengan lancar dan sempurna.

Semasa mabung, murai batu bisa diberikan pemasteran baik dengan burung masteran maupun suara masteran dari perangkat pemutar mp3, misalnya kaset atau handphone. Gunakan suara burung yang bervariasi dan sesuai dengan karakter vokalnya. Jika rutin dimaster, setelah mabung usai murai batu akan mempunyai suara kicauan yang lebih bervariasi.

Demikian tips perawatan murai batu saat mabung.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *