Tips Perawatan Lovebird untuk Pekerja yang Sibuk

  • Whatsapp

Seringkali karena keterbatasan waktu menjadikan banyak lovebird mania tidak bisa dengan total merawat burung kesayangannya. Padahal tidak sedikit dari mereka yang sangat ingin menjadikan momongannya sebagai jawara di arena-arena lomba. Sebagai panduan, simak tips dan perawatan lovebird untuk para pekerja yang sibuk berikut ini.

Banyak lovebird mania yang terkendala oleh kesibukan kerja, sehingga tidak bsa melakukan perawatan burung kesayangannya secara maksimal. Alhasil, ketika dibawa ke lapangan, burung tidak bisa tampil sesuai harapan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan lovebird untuk para pekerja yang sibuk, di antaranya adalah:

1. Pemilihan lokasi 

Pemilihan lokasi untuk digunakan sebagai tempat menggantung / menyimpan burung menjadi hal yang sangat penting, mengingat para pekerja yang tidak memiliki waktu yang banyak untuk memindah-mindahkan sangkarnya setiap hari.

Pilihlan lokasi atau ruangan di mana lovebird bisa mendapatkan sinar matahari secara cukup, terutama di pagi dan siang hari. Jika burung disimpan di dalam ruangan, maka bisa dipilih jendela atau ventilasi yang menghadap ke arah timur, sehingga jika anda tidak sempat melakukan penjemuran karena keterbatasan waktu (misalnya mau berangkat kerja), maka burug bisa langsung mendapatkan sinar matahari yang masuk melalui jendela atau ventilasi.

Pastikan juga lokasi atau ruangan tempat menyimpan lovebird itu sudah cukup aman, terutama dari gangguan hewan-hewan liar yang bisa saja membahayakan seperti ular atau bahkan kucing. Selain itu, terlindungi ketika angin berhembus sangat kencang.

Jika suhu dalam ruangan terlalu panas, anda bisa mengatur sirkulasi udara agar ruangan tetap sejuk meski pada siang hari yang terik. Hal ini bisa dilakukan dengan memperbaiki atau menambah lubang-lubang udara di tembok ruangan. Alternatifnya bisa menyediakan perangkat Humidifier otomatis yang akan membantu memberikan kelembaban yang dibutuhkan.

Cara lain adalah menempatkan beberapa tanaman atau akuarium kecil lengkap dengan pompa airnya, sehingga ruangan menjadi lebih sejuk dengan terapi suara gemericik air yang bisa menjadi terapi alami bagi burung.

2. Menjaga ketersediaan pakan dan air bersih 

Ketersediaan pakan dan air bersih selama burung ditinggal bekerja menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Tanpa pakan dan air minum yang cukup, burung bisa alami dehidrasi dan kelaparan, yang berdampak pada menurunnya kondisi tubuh.

Oleh karena itu, pemilihan pakan khususnya biji-bijian harus lebih diutamakan, terutama memberikan pakan biji-bijian yang baik kualitasnya.

3. Perawatan setelah pulang kerja 

Aktivitas merawat burung bisa dilakukan pada malam hari setelah pulang kerja. Pada malam harinya, lakukan mandi malam dengan cara disemprot hand sprayer. Setelah itu, lovebird diangin-anginkan sampai bulu mengering. Pada saat ini, anda bisa memberikan suara masteran untuk menambah variasi dan durasi ngekeknya, kemudian  burung dikerodong sampai pagi hari.

Demikian tips dan perawatan lovebird untuk pekerja yang sibuk.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *