Tips Perawatan Lovebird Betina Cepat Konslet dan Fighter

  • Whatsapp

Lovebird konslet identik dengan burung jantan. Namun begitu, tidak berarti bahwa lovebird betina tidak punya kemampuan untuk itu. Jika dirawat dnegan cara yang tepat, lovebird betina pun akan cepat gacor, fighter, dan konslet.

Ada beragam cara menjadikan lovebird betina cepat konslet, di antaranya adalah menggunakan untulan maupun metode full kerodong. Nah, kedua cara tersebut dianggap cukup efektif jadikan lovebird betina cepat konslet dan fighter.

Untuk settingan konslet dengan menggunakan sistem untulan, silakan buka lagi tulisan di Universitas Burung berikut ini:

Untuk mencari settingan konslet dengan sistem untulan, Anda bisa membuka kembali arsip tulisan Universitas Burung berikut ini:

Sedangkan untuk cara perawatan lovebird betina cepat konslet dengan metode full kerodong atau non untulan adalah sebagai berikut:

Lovebird disendirikan alias dijauhkan dari keberadaan burung sejenis. Untuk memudahkan perawatannya jika di rumah ada banyak burung lovebird yang dipelihara, bisa digunakan metode full kerodong dengan pola-pola perawatan berikut ini:

  1. Rutin melakukan pengembunan sejak pukul 04:30 s/d 06:00.
  2. Lakukan pemasteran dengan menggunakan suara masteran yang diinginkan, atau bisa juga memanfaatkan suara terapi air mengalir untuk memancing burung rajin bunyi dan memunculkan sifat fighternya. Pemasteran bisa dilakukan sampai sore hari dengan posisi sangkar tetap full kerodong.
  3. Mandi hanya diberikan pada malam hari saja atau mandi malam, dengan cara disemprot menggunakan hand sprayer hingga basah kuyup. Terapi mandi malam bisa dilakukan pada pukul 19:00 s/d 20:30 atau disesuaikan kebutuhan dengan mengamati kondisi suhu dan cuaca pada saat itu.
  4. Selesai mandi, burung diangin-anginkan untuk mengeringkan bulu-bulunya setelah itu kembali dikerodong. Mandi malam bermanfaat untuk membuat birahinya tetap stabil, karena lovebird betina umumnya memiliki kondisi birahi yang mudah naik.

Satu hal yang paling mempengaruhi kondisi lovebird cepat konslet dan fighter adalah penggunaan pakan yang tepat. Dalam hal ini, pakan harian yang bisa diberikan adalah milet Cinderella, yaitu milet polos racikan yang sangat bermanfaat untuk lovebird.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *