Tips Perawatan Burung Prenjak Supaya Cepat Gacor

  • Whatsapp

Burung prenjak masih satu keluarga dengan jenis ciblek yang kita kenal. Bagi penggemarnya, prenjak dianggap memiliki suara kicauan yang kencang sehingga banyak dipelihara untuk klangenan, masteran, maupun untuk memancing bunyi burung peliharaan lainnya.

Dalam dunia perburungan nasional, burung prenjak dikenal dengan nama cinenen yang terdiri dari bermacam jenisnya. Di kalangan kicauan mania, salah satu jenis prenjak yang paling banyak dipelihara adalah prenjak atas atau cinenen kelabu (Orthotomus ruficeps) karena suara kicauannya yang dianggap lebih nyaring dari jenis prenjak lainnya.

Namun untuk menjadikan burung prenjak rajin bunyi, tidaklah cukup dengan melakukan perawatan seperti biasa saja. Dibutuhkan metode-metode tertentu atau semacam terapi yang dapat memancing naluri burung untuk terus berkicau / rajin bunyi.

Berikut beberapa tips rawatan burung prenjak supaya cepat gacor:

1. Pengembunan rutin

Pengembunan yang dilakukan dengan rutin dapat membuat burung semakin terdongkrak staminanya, sehingga burung akan selalu aktif dan lincah sepanjang hari. Dengan kondisi tersebut, sudah tentu burung pun akan semakin terpancing untuk mengeluarkan suara kicauannya dengan rajin.

2. Pengaturan pakan

Tahukah Anda, prenjak merupakan spesies burung yang sangat aktif. Untuk menjaganya tetap aktif itulah, maka pemberian pakan harus diatur sedemikian rupa. Berikan pakan yang tinggi kandungan nutrisinya baik dalam bentuk voer maupun pakan extranya.

Gunakan selalu voer yang berkualitas karena hal ini dapat menjadikan burung selalu aktif, sehat, dan rajin bunyi. Salah satu jenis voer yang dapat diberikan adalah voer kristal ciblek, yang sudah diperkaya dengan bahan yang kaya manfaatnya.

itu, berikan juga pakan tambahan yang teratur setiap harinya. Pakan tambahan yang bisa diberikan untuk menjadikan prenjak cepat gacor adalah ulat kandang. Berikan ulat kandang sebanyak satu sendok makan yang ditempatkan dalam cepuk terpisah setiap pagi. Pada sore harinya, burung diberikan 2-3 ekor ulat hongkong. Kroto diberikan setiap dua hari sekali dalam satu cepuk kecil. Pemberian kroto bisa dilakukan setiap hari jika burung belum mengkonsumsi pakan voernya.

3. Memberikan multivitamin

Prenjak adalah juga burung yang cepat stres ketika tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Untuk menjaga kondisinya maka dibutuhkan tambahan multivitamin yang dapat mencegah dan mengatasi burung yang stres. Selain itu, multivitamin seperti Sup Plus Bird dapat membantu mendongkrak stamina, mental, dan daya tahan burung sepanjang hari. Dengan terjaga kondisinya itu, maka prenjak akan jadi lebih aktif, sehat, dan semakin cepat untuk gacornya.

4. Dipancing burung betina

Burung prenjak di alam akan mulai ramai berbunyi ketika mendengar suara kicauan prenjak lainnya, khususnya suara betina. Hal ini juga yang dapat menjadikannya cepat gacor jika kicaumania memelihara serta prenjak betina untuk memancing bunyi.

Keberadaan burung betina dapat menjadikan prenjak jantan lebih bersemangat dan selalu terpancing untuk lebih rajin bunyi.

5. Terapi gacor

Namun jika tidak mau memelihara prenjak betina, maka solusinya adalah memberikan terapi gacor yaitu dengan cara;

  • Menjemur burung dengan cara full kerodong, sambil menyemprot kain kerodong dengan air hingga basah. Metode ini dikenal juga sebagai terapi sauna.
  • Penjemuran cukup dilakukan selama 15 menit saja, setelah itu burung dipindahkan ke tempat teduh lalu kembali mendapatkan terapi gacor tersebut.
  • Lakukan terapi secara rutin setiap hari sampai burung sudah terpantau lebih gacor dari biasanya.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan kicaumania jika ingin burung prenjak rawatannya cepat gacor.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *