Tips Perawatan Burung Jalak Kerbau Agar Rajin Bunyi

  • Whatsapp

Disebut jalak kerbau karena kebiasaannya hinggap di atas tubuh kerbau untuk mencari parasit yang menjadi makanannya. Spesies burung bernama latin Acridothere javanicus ini lebih dikenal sebagai hewan peliharaan karena gaya berkicaunya yang khas sambil mengangguk-anggukkan kepalanya. Nah, untuk panduan pemula simak tips perawatan burung jalak kerbau agar rajin bunyi berikut ini.

Sejak dahulu, jalak kerbau sudah cukup populer sebagai burung peliharaan. Selain gaya unik dan kemampuan berkicaunya itu, jalak kerbau ternyata juga mampu menirukan suara manusia meski tidak secara fasih. Jenis burung ini disukai karena mudah dalam perawatannya serta tidak neko-neko.

Meski dirawat dengan cara yang sederhana, namun bisa menjadikannya rajin berbunyi apalagi jika didukung oleh pakan dan multivitamin yang tepat.

Adapun untuk perawatan harian burung jalak kerbau adalah sebagai berikut:

  1. Setiap pagi, burung diembunkan di halaman atau teras rumah.
  2. Penjemuran dilakukan setelah matahari terbit.
  3. Setelah itu, burung dimandikan dengan cara memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkar hariannya atau mandi di karamba mandinya.
  4. Selesai mandi, jalak kerbau tersebut kemudian diangin-anginkan sebentar lalu diberikan pakan jangkrik dan buah-buahannya.
  5. Kembali burung dijemur selama 30 menit s/d 1 jam, setelah itu kembali ditaruh di tempat teduh untuk diangin-anginkan.
  6. Berikan lagi jangkrik sebanyak 3 ekor, dan ulat hongkong sebanyak 1-2 ekor.
  7. Tambahkan vitamin ke dalam air minumnya, karena sangat bermanfaat untuk mencegah burung stres dan menjadikannya lebih rajin bunyi.
  8. Siang hingga sore hari, lalukan pemasteran dengan suara yang diinginkan.
  9. Berikan 5 ekor jangkrik, dan 1 ekor ulat hongkong.
  10. Setelah itu, biarkan beristirahat sampai esok paginya.

Jika perawatan di atas dilakukan secara rutin dan konsisten, maka burung jalak kerbau akan cepat sekali memasuki kondisi gacornya sehingga menjadi burung yang lebih cerewet, bawel, dan pandai berceloteh.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *