Tips Optimasi Mental Pleci untuk Lomba

  • Whatsapp

Pleci yang bermental baik banyak dicari penggemarnya. Selain mudah dirawat, burung dengan mental yang baik akan lebih cepat bunyi kapan dan di mana saja. Sebelum menyiapkan pleci ke arena lomba, maka dibutuhkan optimasi mentalnya terlebih dulu. Dengan begitu, burung akan lebih siap tanding dengan penampilan yang leih maksimal.

Burung pleci yang akan disiapkan untuk lomba sebaiknya berjenis kelamin jantan, karena suaranya yang lebih kencang, variasi, dan lebih ngerol. Ada beberapa cara optimasi mental pleci untuk lomba, yaitu:
Peliharalah lebih dari satu burung pleci di rumah untuk menumbuhkan mental sekaligus menjadikannya lebih rajin bunyi.

  1. Sering mengajak burung jalan-jalan untuk dipertemukan dengan pleci dari koloni lain. Cara ini bisa dilakukan dalam sebuah latihan kecil-kecilan yang dilakukan bersama teman, tetangga, atau rekan satu komunitas.
  2. Gantungkan sangkarnya di tempat paling tinggi karena bisa memancingnya untuk bersuara lebih kencang.
  3. Mandikan pleci dengan lebih rutin, bila perlu dimandikan dengan air dingin yang berasal dari kulkas / lemari es.
  4. Berikan pakan yang tinggi protein, misalnya dengan membuat sendiri pakan racikan dengan menggunakan campuran bahan bermanfaat.
  5. Berikan nektar atau air gula seminggu dua – tiga kali, bisa juga diberikan nekstar yang di beli di kios burung untuk mendukung perawatannya tersebut.
  6. Tambahkan multivitamin ke dalam air minum sebelum diberikan kepada burung pleci, karena memiliki manfaat yang sangat baik untuk mendongkrak stamina, mental, dan menjadikannya lebih rajin bunyi atau gacor.

Demikian tips optimasi mental pleci untuk lomba.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *