Tips Merawat Pleci Tetap Sehat dan Gacor di Musim Hujan

  • Whatsapp

Menghadapi musim penghujan, burung ocehan yang hidup di alam liar dengan instingnya dapat beradaptasi terhadap kondisi di musim hujan. Namun hal yang berbeda akan dijumpai pada burung peliharaan, termasuk pleci. Perawatannya di musim hujan tentu sangat tergantung pada bagaimana si pemilik memperlakukannya.

Ketika turun hujan di alam liar, burung pleci akan memanfaatkannya untuk mandi dan hujan-hujanan. Sistem kekebalan tubuh yang telah disesuaikan dengan kehidupan burung di alam menjadikan mereka tidak gampang sakit meskipun hujan turun dengan sangat lebatnya.

Nah, masalah akan muncul ketika burung berada dalam perawatan manusia. Adaptasi alam dengan lingkungan manusia yang berbeda akan menimbulkan masalah baru di musim penghujan, khususnya pada burung pleci.

Oleh karena itu, perawatan yang tepat harus diterapkan saat musim hujan telah tiba.

Berikut tips merawat burung pleci agar tetap sehat dan gacor di musim hujan.

  • Selama musim hujan, pastikan sangkar digantang di tempat yang kering dan hangat, serta tidak lembab. Selain itu, hindari menggantang sangkar dekat sumber angin seperti lubang angin maupun kipas AC. Jika burung selalu berada di tempat tersebut selama musim hujan, maka pleci akan mudah sakit.
  • Tingkatkan pemberian pakan yang tinggi kandungan proteinnya seperti jangkrik, kroto, dan ulat hongkong. Pemberian pakan tersebut dapat membantu menjaga kondisi burung pleci tetap sehat dan gacor.
  • Berikan voer yang baik kualitasnya serta tidak mudah berjamur jika sering terkena udara basah atau lembab. V
  • Pastikan pleci menerima asupan mulvitamin tambahan seperti Sup Plus Bird karena dapat membantu mendongkrak stamina dan kondisinya selama musim penghujan. Selain itu, multivitamin ini juga dapat menjadikan burung selalu rajin bunyi dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya sehingga burung terhindar dari berbagai serangan penyakit.
  • Jika turun gerimis di pagi hari, pleci bisa dihujan-hujankan karena sangat bermanfaat untuk mendongkrak mental dan menjadikannya selalu sehat dan aktif. Namun hindari menghujan-hujankan pleci jika hujan turun dengan sangat lebat atau pada sore hari karena bisa berdampak buruk pada kesehatannya.
  • Kebutuhan sinar matahari penting bagi semua jenis burung termasuk pleci, oleh karena itu carilah waktu untuk menjemur burung saat ada sinar matahari baik pada pagi, siang, maupun di sore hari meskipun waktunya cukup singkat. Alternatifnya Anda bisa memasangkan lampu Full Spektrum untuk keperluan tersebut.
  • Selalu menjaga kebersihan sangkar dan lingkungan selama musim hujan. Sangkar yang kurang terawat seperti terlalu banyak kotoran, maka di musim hujan akan menjadi penuh dengan jamur dan parasit yang dapat mengganggu kesehatannya. Selain itu, pastikan air minum selalu diganti setiap 12 jam sekali, karena saat suhu sedang lembab dapat menjadikan air minumnya cepat berjamur/ kotor.

Itulah beberapa tips merawat burung pleci di musim hujan agar tetap sehat dan gacor.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *