Tips Merawat Kenari yang Mabung

  • Whatsapp

Mabung atau molting adalah waktunya burung untuk beristirahat dari segala aktifitas, karena pada saat inilah energinya akan disimpan untuk meluruhkan bulu lama dan menggantinya dengan bulu baru. Ketika burung sedang mabung, maka perawatannya harus lebih diperhatikan, terutama agar proses mabung tidak terhambat. Sebagai panduan, berikut tips perawatan kenari yang sedang mabung.

Dalam kondisi yang normal, burung kenari akan mengalami proses pergantian bulu selama 6 s/d 12 minggu. Selama itu pula, bulu-bulunya akan terlihat berantakan dan kondisinya akan tampak lebih lesu dan kurang aktif dari biasanya. Selain itu, kenari yang tadinya rajin bunyi akan mulai mengurangi intensitas kicauannya.

Mabung pada burung kenari umumnya terjadi satu kali setiap tahunnya. Proses ini biasanya berlangsung di musim panas atau pada awal-awal musim gugur. Tapi tak jarang, perubahan suhu dan cuaca juga bisa memicu masa mabung datang lebih awal.

Saat kenari sudah memasuki masa mabung, maka perawatannya harus mulai lebih diperhatikan. Kesalahan penanganan selama proses mabung dapat menyebabkan proses pergantian bulu menjadi terhambat. Dalam banyak kasus, kenari akan rentan stres sehingga mabung akan menjadi tidak tuntas atau mabung berlangsung dalam waktu yang sangat lama.

Saat sedang mabung, energi burung akan digunakan untuk menggantikan bulu yang sudah rusak dengan bulu baru, sehingga mereka akan sangat membutuhkan energi yang cukup. Untuk memenuhi kebutuhannya itu, maka pemberian pakan dan vitamin harus mulai lebih diperhatikan. Burung yang terpenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisinya selama mabung akan terhindar dari stres, dan bisa melewati masa mabungnya dengan sempurna.

Kenari yang sedang mabung harus diberikan asupan pakan bijian yang baik kualitas dan kandungannya. Pakan racikan canary seed bisa menjadi pilihan terbaik karena kandungan dan manfaatnya yang luar biasa jika rutin dikonsumsi burung kenari peliharaan.

Canary seed herbal selain memiliki manfaat untuk menjadikan burung rajin bunyi, juga memiliki kandungan zat anti stres sehingga proses mabung bisa berjalan lebih lancar tanpa hambatan. Jika rutin dikonsumsi selama mabung, maka kenari tersebut akan mudah mencapai kondisi top form yang biasanya berlangsung setelah mabung selesai.

Berikan pakan canary seed herbal setiap hari dan tak lupa disertai dengan pemberian pakan tambahan yang terdiri dari buah dan sayuran hijau. Untuk memenuhi kebutuhan proteinnya, berikan telur puyuh rebus selama kenari mabung setiap seminggu sekali.

Asupan vitamin tambahan dibutuhkan untuk menjaga kondisi burung kenari selama masa mabung berlangsung. Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin, maka kenari akan memiliki cukup energi untuk menjalani masa mabungnya tersebut.

Berikan vitamin yang tepat dan mengandung bahan / zat yang aman dikonsumsi oleh burung, khususnya selama masa mabung.

Perawatan kenari mabung

Setelah menyiapkan kebutuhan pakan dan vitaminnya, langkah selanjutnya adalah menerapkan pola rawatan yang sesuai dan tepat. Selama kenari sedang mabung, maka perawatan berikut ini bisa dilakukan, yaitu:

  • Memberikan kerodong ketika cuaca sedang tidak bersahabat.
  • Menjauhkan sangkarnya dari terpaan sinar matahari dan angin kencang.
  • Memisahkan atau menjauhkan dari kenari lain yang bertujuan agar burung lebih fokus menghadapi masa mabungnya.
  • Beristirahat total di malam hari, dan tidak mengganggunya dengan mandi malam atau terapi lainnya seperti pemasteran di malam hari, dsb.
  • Pengembunan cukup dilakukan di teras.
  • Lakukan pemasteran pada siang hingga sore hari. Pemasteran sebaiknya dilakukan dengan suara kicauan burung jenis lainnya.
  • Selama proses peluruhan bulu, sebaiknya burung tidak dimandikan dulu. Setelah muncul bulu jarum, barulah kenari dimandikan dengan lebih sering.
  • Gantungkan sangkarnya di tempat yang nyaman dan aman dari gangguan.
  • Lakukan perawatan di atas secara teratur agar proses mabung bisa berlangsung lancar dan tanpa hambatan.Demikian tips merawat kenari yang mabung.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *