Tips Merawat Burung Rambatan Khusus Masteran

  • Whatsapp

Burung rambatan, disebut demikian karena perilakunya yang gemar merambat di batang-batang pepohonan saat mencari makanannya yang berupa serangga. Di kalangan penghobi burung, rambatan cukup disukai sebagai masteran karena suara kicauannya yang nyerecet tajam. Berikut tips merawat burung rambatan khusus masteran.

Nama resmi burung rambatan adalah munguk beledu atau gelatik munguk, merupakan jenis burung pemakan serangga kecil, ulat dan laba-laba. Jenis burung ini dikenal sangat agresif, lincah, dan cepat beradaptasi sehingga tak butuh waktu lama bagi burung ini untuk berkicau di lokasi yang baru.

Burung rambatan juga dikenal mudah dirawat, serta tidak membutuhkan penanganan maupun perawatan khusus untuk menjadikannya tetap aktif dan lincah. Hanya saja, untuk membuatnya rajin berkicau apalagi untuk masteran tentu membutuhkan lebih banyak perhatian.

Di bawah ini adalah beberapa cara merawat burung rambatan khusus masteran:

Hal yang harus menjadi perhatian kicaumania dalam perawatan burung rambatan adalah pemberian pakan yang tepat. Kebutuhan pakan tersebut dibutuhkan untuk mendukung aktivitas dan juga agar burung selalu terjaga kondisinya sepanjang hari.

  • Setiap pagi dan sore hari, burung rambatan diberikan pakan berupa 3 ekor jangkrik ukuran kecil dan 2 ekor ulat hongkong warna putih.
  • Satu sendok kroto segar diberikan setiap dua hari sekali, khususnya di waktu pagi hari. Sedangkan jika rambatan belum mengenali pakan voernya, maka pemberian kroto dilakukan setiap hari dengan cara dicampurkan dengan pakan voer halus.
  • Pastikan saja voer yang dikonsumsi sudah terjaga kebersihan dan kualitasnya yang sudah diracik dengan aneka bahan yang baik manfaatnya untuk burung peliharaan.

Perawatan mandi untuk burung rambatan sebaiknya dilakukan seminggu sekali, sedangkan penjemuran cukup dilakukan selama 10 – 20 menit saja, karena jenis ini termasuk burung yang tidak tahan dengan suhu panas.
Tempatkan sangkar di lokasi yang sejuk, nyaman, dan jauh dari gangguan hewan peliharaan maupun hewan liar lainnya.

Demikian tips merawat burung rambatan khusus masteran.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *