Tips Merawat Burung Pleci yang Selesai Mabung

  • Whatsapp

Penampilan burung pleci yang terus menurun di lapangan setelah menyelesaikan mabungnya bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah tidak memberikan perawatan yang tepat paska mabung. Tips berikut akan memandu Anda bagaimana merawat burung pleci yang selesai mabung agar memiliki penampilan yang lebih maksimal.

Pada umumnya, burung akan memasuki kondisi top form atau performa puncak beberapa minggu setelah menyelesaikan masa mabungnya. Saat inilah, penampilan burung akan jadi lebih maksimal ketimbang sebelum mabung.

Namun karena banyak yang terfokus pada perawatan saat pleci mabung, maka tak sedikit yang justru melalaikan perawatan setelah burung mabung. Bahkan tak sedikit yang langsung melombakan pleci miliknya tidak lama setelah burung menyelesaikan masa mabungnya.

Perawatan burung pleci yang baru saja menyelesaikan mabungnya dibutuhkan untuk mempercepat pemulihan kondisinya. Jika burung tidak diberikan perawatan yang tepat paska mabung, maka penampilannya akan cenderung menurun dan tidak seperti sebelum mabung.

Berikut tips merawat burung pleci selesai mabung agar memiliki penampilan yang lebih maksimal:

1. Memperhatikan asupan pakan dan vitamin

Setelah menyelesaikan mabungnya, hal pertama yang harus diperhatikan adalah menjaga ketersediaan pakan terutama yang bergizi. Untuk memenuhi kebutuhannya itu, voer yang diberikan pun harus yang berkualitas baik. Sobat kicaumania bisa menggunakan pakan voer kristal ciblek yang sudah diracik dengan bahan yang kaya nutrisi dan manfaatnya.

Selain itu, berikan juga makanan tambahan yang dibutuhkan burung untuk membantu pemulihannya, seperti:

  • Serangga yang terdiri dari ulat hongkong putih, ulat kandang, dan kroto.
  • Buah-buahan yang terdiri dari pepaya, jeruk, dan pisang.

Untuk melengkapi kebutuhan vitamin, burung pleci tersebut bisa diberikan tambahan multivitamin seperti Sup Plus Bird yang sangat bermanfaat untuk mendongkrak stamina, mental, dan daya tahannya. Pemberian vitamin ini secara rutin juga dapat menjadikan pleci makin rajin bunyi dan cepat gacor.

2. Mandi dan penjemuran

Selain memberikan makanan dan vitamn, untuk membantu mempercepat pemulihan setelah mabung burung pleci harus rutin dimandikan. Memandikan pleci dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari disemprot hand sprayer , menggunakan karamba mandi, mandi cepuk, atau memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkar hariannya.

Pastikan saja air yang digunakan untuk mandi adalah air yang bersih dan segar. Selain itu, dapat juga diberikan terapi mandi dengan air dingin untuk memberikan kesegaran sehingga kondisinya akan cepat pulih.

3. Lakukan pemasteran ulang

Setelah mabung selesai, pleci dapat diberikan pemasteran ulang dengan suara-suara burung yang sesuai karakternya.  Pemasteran ulang berguna untuk merefresh ingatan burung sehingga suara kicauannya akan tetap bervariasi.

4. Jangan dulu dilombakan

Nah, ini yang perlu dipahami oleh sobat kicaumania. Setelah mabung, jangan langsung melombakan burung karena kondisinya masih belum benar-benar fit. Tunggulah selama 2-3 minggu karena pada saat itulah pleci akan mengalami top form sehingga mampu tampil maksimal saat dilombakan.

Namun untuk mencapai kondisi top form tersebut, tentu saja harus mendapatkan perawatan yang tepat. Dengan melakukan perawatan yang dijelaskan di atas tadi, burung pleci akan cepat kembali pulih kondisinya sehingga bisa kembali tampil di lapangan.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *