Tips Menyiapkan Indukan Ternak Lovebird untuk Lomba

  • Whatsapp

Lovebird ternak akan membutuhkan gizi yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan hariannya selama berkembang biak. Sedangkan burung yang biasa dilombakan harus dijaga birahinya dengan mengatur pola pakan dan rawatannya. Jika ingin menyiapkan indukan ternak lovebird untuk lomba maka beberapa hal berikut ini harus diperhatikan.

Menyiapkan indukan ternak lomba untuk lomba tentu tidak harus menunggu burung sudah gacor terlebih dahulu. Selama burung masih mau mengeluarkan suara ngekeknya, maka ia sudah bisa dilatih dan disiapkan sebagai burung lomba.

Persiapan indukan bisa dilakukan sejak H-1 atau satu hari sebelum indukan dicabut dari kandang ternaknya. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kestabilan birahi indukan, yaitu:

  • Menutup pintu glodok / kotak sarang sehingga tidak bisa dimasuki oleh indukan.
  • Memandikan dengan cara memasukkan bak mandi ke dalam kandang ternak.
  • Untuk menstabilkan birahinya maka pemberian pakan harus sangat diperhatikan, apalagi indukan yang baru dipindahkan ke sangkar harian biasanya akan macet bunyi, maka perhatikan asupan pakan
  • Tambahkan multivitamin untuk meningkatkan stamina dan daya tahan burung indukan setelah dipindahkan ke sangkar kapsul.

Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, maka selanjutnya adalah menyiapkan kandang kapsulnya. Bersihkah terlebih dahulu kandangnya dari kotoran dan debu, setelah itu pastikan tenggeran yang akan digunakan terbuat dari bahan yang keras dengan permukaan / tekstur yang kasar untuk kenyamanan burung bertengger.

Perawatan setelah indukan dalam kandang kapsul

  • Pakan tambahan / EF yang disiapkan adalah jagung manis yang diberikan seminggu 1x.
  • Setiap seminggu sekali, burung indukan yang disiapkan untuk lomba disatukan / dikoloni dalam kandang kotak dengan pasangannya / untulan. Pastikan tidak ada glodok maupun kotak sarang dalam kandangnya.
  • Adapun perawatan lainnya dilakukan seperti biasanya, seperti mandi, jemur dan pengembunan. Sedangkan untuk penerapan metode kerodong atau non kerodong bisa dilakukan sesuai karakternya.
  • Untuk meningkatkan vokal dan suara ngekeknya bisa dilakukan pemasteran dengan suara yang sesuai, misalnya suara walang kecek . Pemasteran bisa dilakukan pada malam hingga pagi hari.
  • Perawatan harian dilakukan dengan memisahkan lovebird dari untulannya. Hal ini bertujuan agar burung lebih terpancing untuk rajin ngekek dengan durasi panjang.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *