Tips Menjaga Kualitas Indukan Lovebird yang Diternak

  • Whatsapp

Banyak peternak lovebird memiliki caranya sendiri dalam menjaga kulitas indukan. Selain tidak memaksakan burung indukan untuk terus berproduksi, memperhatian asupan pakan dan vitaminnya pun menjadi upaya peternak demi kelancaran usaha penangkarannya.

Menjaga kualitas indukan lovebird akan dilakukan peternak dengan mencegah indukan kembali berkembang biak setelah melalui masa 2 periode bertelur, yang mana dalam satu periode bertelur hingga perawatan anak-anaknya itu berlangsung selama kurang lebih 3 bulan.

Burung indukan yang terlalu dipaksakan untuk terus berproduksi secara penuh selama satu tahun, maka yang terjadi kemudian adalah penurunan produktivitas dan kualitas telurnya.

Jika indukan yang sebelumya mampu bertelur sebanyak 5-6 butir telur dalam satu periode bertelur, maka pada periode berikutnya jumlah telur akan menurun dengan potensi gagal menetas sebesar 60%.

Menjaga kualitas indukan penting dilakukan para peternak lovebird terutama untuk meningkatkan produktivitas penangkaran. Hal yang umum dilakukan adalah memperhatikan kesehatan dan kondisi indukan dengan memberinya waktu istirahat atau cuti bertelur sekali dalam satu tahun, atau selama 2 s/d 3 minggu.

Selain itu, peternak perlu juga memperhatikan asupan pakan utama, tambahan, dan vitamin. Dengan memperhatikan ketiga hal tersebut, maka indukan bisa memacu produktivitas serta kualitas telur-telur yang dihasilkan lovebird indukan.

Kebutuhan lovebird indukan akan pakan biji-bijian menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan. Berikan sepasang indukan tersebut dengan racikan pakan dari biji-bijian lengkap.

untuk melengkapi kebutuhan gizinya, peternak dapat menambahkan extra fooding jagung.

Selain memperhatikan asupan pakannya, menjaga kualitas indukan harus pula dilakukan dengan memberikanya suplemen vitamin tambahan. Kebutuhan vitamin tambahan tersebut sangat vital dan dibutuhkan oleh indukan lovebird, khususnya di periode bertelur, mengeram, hingga perawatan anak-anaknya.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, maka produktivitas ternak lovebrid akan lebih terpacu dan berkualitas.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, maka peternak bisa menjadikan ternak lovebird mereka lebih terpacu produktivitasnya serta mampu menghasilkan keturunan yang lebih unggul.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *