Tips Mengatasi Murai Batu Kurang Ngotot

  • Whatsapp

Murai batu adalah burung petarung sejati. Saat bertemu pejantan lain yang masuk wilayah teritorialnya, murai batu jantan akan segera mengusirnya sambil berkicau dengan suara yang lantang. Namun tak jarang, murai batu akan terlihat kurang ngotot saat bertemu lawannya, khususnya saat burung sedang ditandingkan. Untuk mengatasinya, simak tips dan cara perawatannya berikut ini.

Sifat murai batu yang teritorial mengharuskannya untuk tampil ngotot saat bertemu pejantan lain di dekatnya. Jika murai batu tidak bisa tampil ngotot saat dilombakan, bisa dipastikan burung tersebut sedang bermasalah. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab murai batu tidak bisa tampil ngotot saat bertanding, yaitu:

  • Murai batu sedang sakit atau dalam kondisi kurang fit.
  • Burung selalu kehabisan energi/stamina saat ditandingkan, bisa karena kurang terpenuhinya kebutuhan nutrisi atau karena faktor kurang rawatan seperti jarang diembunkan dan tidak pernah dilatih dalam kandang umbaran.
  • Murai batu tidak mendapatkan asupan vitamin yang berasal dari luar pakannya. Hal ini menyebabkan burung cepat lelah dan kurang bersemangat.

Perawatan murai batu yang kurang ngotot tentu harus dilakukan dengan sangat rutin dan teratur. Ada beberapa hal dalam perawatan hariannya yang harus ditingkatkan, yaitu menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya, juga memperbaiki kualitas pakan dan vitaminnya.

Berikut beberapa tips mengatasi murai batu yang kurang ngotot di lapangan:

  1. Mulai mengembunkan murai batu setiap hari. Pengembunan rutin membantu meningkatkan stamina burung bertipe fighter sehingga burung tidak gampang lelah dan menjadi lebih bersemangat.
  2. Selama perawatannya tersebut, murai batu tidak dimandikan dahulu. Mandi hanya boleh dilakukan setiap seminggu sekali.
  3. Proses penjemuran dilakukan rutin setiap hari yang dimulai sejak matahari terbit, dengan lamanya penjemuran disesuaikan karakter burung.
  4. Mulai secara teratur melatih murai batu dalam kandang umbaran setiap 2 hari sekali. Hal ini dapat membantu mendongkrak mental dan staminanya.
  5. Mengatur setelan pakan dengan yang lebih tinggi. Settingan pakan yang tinggi cukup ampuh menjadikan murai batu tampil lebih fighter dan ngotot.  Pakan tambahan yang baik dikonsumsi murai batu adalah jangkrik, ulat hongkong, cacing tanah, dan kroto.
  6. Selalu teratur memberikan tambahan multivitamin untuk membantu menambah stamina dan daya tahannya sepanjang hari. Selain itu, pemberian multivitamin yang tepat juga bisa membantu menjadikan burung tampil lebih ngotot dengan suara kicauan yang lebih keras.

Itulah beberapa tips atasi murai batu kurang ngotot di lapangan.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *