Tips Mengatasi Lovebird yang Kurang Aktif dan Selalu Lesu

  • Whatsapp

Ketika lovebird sedang kurang kondisi, maka penampilannya pun akan cenderung berubah. Burung jadi kurang aktif dan selalu tampak lesu setiap harinya.  Guna mencegah kondisinya bertambah parah, maka dibutuhkan penanganan dan perawatan yang benar-benar tepat. Untuk itu, simak tips mengatasi lovebird yang kurang aktif dan selalu lesu.

Lovebird adalah jenis burung paruh bengkok yang memiliki perilaku sangat aktif dan lincah. Jika burung ini mengalami suatu masalah yang berkaitan dengan kondisi fisik dan staminanya, maka mereka akan cenderung jadi kurang aktif dan malas beraktivitas.

Kalau sudah demikian, jangankan untuk dibawa ke arena lomba, dalam kesehariannya pun lovebird tersebut tidak akan bisa tampil dengan maksimal. Sepanjang hari, lovebird hanya bermalas-malasan saja dan tak mau beraktivitas seperti biasanya, termasuk mengeluarkan suara ngekeknya.

Meskipun dianggap sebagai sesuatu hal yang biasa dialami oleh semua jenis burung peliharaan, namun jika terus diabaikan maka dikhawatirkan bisa memperparah keadaannya. Secara umum, lovebird yang cenderung kurang aktif dan selalu terlihat lesu setiap harinya itu disebabkan oleh:

  • Burung yang terinfeksi parasit, seperti kutu atau tungau yang menyerang bulu dan kulitnya.

    Adanya infeksi pada saluran pernafasan burung.

  • Lovebird cacingan.
  • Gangguan pada organ pencernaan.
  • Burung yang stres.
  • Burung yang kurang gizi.

Untuk mengatasi lovebird yang kurang aktif dan selalu lesu tersebut, maka perbaikan pola perawatan hariannya harus segera dilakukan. Selain itu, berikan juga obat-obatan yang tepat yang disesuaikan dengan gangguan yang terjadi.

Perawatan lovebird yang kurang aktif dan selalu lesu

Selama masa pemulihan, lovebird tersebut diberikan pakan berupa milet yang berkualitas baik. Jika selama ini lovebird hanya diberikan pakan milet kiloan saja, maka untuk mendukung perawatannya, milet yang diberikan haruslah yang benar-benar memiliki kualitas tinggi, seperti milet racikan atau memberikan beragam macam pakan biji-bijian lainnya.

Untuk mempercepat pemulihan, lovebird sebaiknya tidak dimandikan dan dijemur dahulu selama beberapa hari sampai kondisinya telah benar-benar kembali fit.

Gantungkan sangkarnya di tempat yang tenang dan teduh, dan berikan full kerodong ketika angin mulai terasa berembus kencang atau sedang turun hujan.

Jika cuaca tidak mendukung atau terlalu dingin, Anda bisa memasangkan lampu bohlam berdaya 5 watt di dekat sangkarnya yang berguna untuk menghangatkan tubuhnya.

Demikian tips mengatasi lovebird yang kurang aktif dan selalu lesu.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *