Tips Mengatasi Kenari tidak Keluar Suara

  • Whatsapp

Saat mendapati burung kenari yang seperti berkicau dengan paruh dan tenggorokan naik turun, namun tidak ada suara yang keluar itu menandakan burung tersebut sedang mengalami masalah. Permasalahan ini umumnya disebabkan oleh infeksi parasit atau tunga, tapi bisa juga karena sebab lain.

Beberapa penyebab kenari terlihat seperti berkicau tapi tidak terdengar suaranya antara lain:

  1. Tenggorokan kenari mengalami gangguan yang disebabkan penumpukan lendir. Kondisi ini bisa dideteksi dari perilakunya yang seperti sulit bernafas dan suara yang cenderung serak atau kecil.
  2. Burung terkena penyakit gondok (Thyroid hyperplasia) sehingga sulit baginya untuk berkicau dengan normal.
  3. Kenari alami air sac mites atau tungau kantung udara yang menyerang organ pernafasannya. Kondisi ini akan menyebabkan peradangan pada kantung udara dan mengakibatkan gangguan pada suaranya. Meskipun kenari mencoba untuk berkicau, tapi suaranya tidak keluar.
  4. Ada gangguan pada pita suara burung yang disebabkan oleh penanganan yang salah, misalnya ketika coba diobati dengan menggunakan benda yang dimasukkan ke dalam tenggorokan atau saat kenari digurah dengan cara yang tidak tepat.

Permasalahan di atas akan menyebabkan kenari tidak bisa berkicau seperti biasa. Dalam banyak kasus, kenari seperti menunjukkan gerak-gerik berkicau dengan paruh terbuka dan tenggorokan kembang-kempis, tapi tidak terdengar suara kicauannya.

Untuk solusi mengatasinya, beberapa pola rawatan berikut ini bisa diterapkan:

  1. Burung kenari yang mengalami masalah tersebut harus mendapatkan perawatan secara teratur. Selama masa pemulihannya, kenari dipisahkan dari keberadaan burung peliharaan lainnya (dikarantina).
  2. Untuk pencegahan, gunakan sangkar yang bersih dan telah disemprot dengan desinfektan.
  3. Untuk membantu pemulihannya, kenari bisa ditempatkan di ruangan atau lokasi yang bersih dan bebas dari gangguan maupun polusi udara.
  4. Selama masa pemulihan hingga kesembuhannya, kenari mendapatkan asupan pakan yang bernutrisi dan bagus kualitasnya, bisa meracikin pakan biji-bijian lengkap
  5. Berikan juga pakan tambahan yang terdiri dari buah dan sayuran, namun pastikan agar tidak berlebihan memberikan sayuran yang mengandung zat goitrogenik seperti kangkung, lobak, kubis, dan brokoli.
  6. Untuk mendukung perawatan dan menjaga kondisinya, berikan multivitamin tambahan untuk membantu menjaga stamina kenari agar tetap fit sehingga proses penyembuhannya bisa berlangsung lebih cepat.
  7. Jika kenari mengalami masalah gondok yang disebabkan kekurangan iodium, maka pemberian sedikit garam bisa dilakukan ke dalam air minumnya.
  8. Selain perawatan di atas, pastikan juga kenari telah diberikan obat-obatan yang tepat terutama jika masalah ini disebabkan oleh infeksi tungau di kantung udaranya. Tanyakan jenis obat yang sesuai di toko dan perlengkapan burung favorit Anda.
  9. Perawatan lain yang harus juga diperhatikan adalah mandi teratur, pengembunan, dan menjaga kebersihan sangkar serta lingkungan sekitar sangkarnya.

Demikian tips mengatasi kenari tidak keluar suara.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *