Tips Mengatasi Cucak Hijau Macet Bunyi Jadi Gacor Kembali

  • Whatsapp

Meski dianggap sebagai jenis burung yang pandai berkicau, namun cucak hijau juga terkenal dengan sifat dan karakternya yang gampang berubah. Ketika tidak mendapatkan perawatan sebagaimana mestinya atau perubahan rawatan, maka burung ini cenderung akan macet bunyi. Untuk mengatasinya, simak tips berikut ini.

Selain faktor perubahan rawatan, penyebab cucak hijau macet bunyi bisa juga dikarenakan oleh hal lain, seperti emosi yang tidak stabil maupun burung yang terlalu birahi.

Walaupun kondisi macet bunyi pada burung cucak hijau biasanya tidak berlangsung dalam waktu lama, tapi jika tidak segera ditangani tentu akan menyebabkan penurunan mental sehingga penampilannya ketika dilombakan cenderung menurun.

Berikut tips mengatasi cucak hijau yang macet bunyi:

  • Mulai dengan lebih rutin melakukan pengembunan setiap har. Pengembunan dilakukan setengah – satu jam sebelum matahari terbit dan sangat bermanfaat untuk memancing burung kembali berbunyi.
  • Setelah matahari terbit, cucak hijau dimandikan dengan air dingin atau air bersih yang sudah ditaruh dalam lemari pendingin atau kulkas. Cara mandinya bisa disesuaikan dengan kebiasaan anda memandikannya.
  • Selesai mandi, burung diangin-anginkan lalu diberikan pakan yang terdiri dari buah-buahan segar dan serangga seperti ulat hongkong, ulat bambu, dan jangkrik.
  • Berikan vitamin untuk membantu mengatasi burung yang macet bunyi
  • Penjemuran di bawah sinar matahari sebaiknya dilakukan dalam durasi waktu yang lebih lama dari biasanya.
  • Cas burung dengan betina, atau memberinya untulan cucak hijau betina. Suara panggilan cucak hijau betina dapat memancingnya segera berbunyi.

Dengan melakukan pola rawatan dan tips di atas secara teratur, maka burung cucak hijau yang macet bunyi akan kembali mengeluarkan suara kicauannya tanpa mengurangi penampilan dan mentalnya.

Semoga manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *