Tips Memilih Masteran yang untuk Burung Kenari

  • Whatsapp

Kenari tidak hanya dikenal pandai berkicau dengan suaranya yang mengalun, tapi juga memiliki kecerdasan untuk meniru suara kicauan burung lainnya alias mimikri. Karena itu pula, tak sedikit kicaumania yang tertarik memaster kenari mereka agar mempunyai lagu-lagu yang lebih bervariasi. Untuk panduan, berikut tips memilih masteran yang sesuai untuk kenari.

Kecenderungan tren masteran untuk kenari yang berkembang di kalangan kicaumania saat ini, masih tertuju pada suara masteran yang berkarakter ngerol. Hal ini agar kenari bisa memiliki suara kicauan yang lebih panjang dan tanpa jeda.

Meski begitu, memilih masteran yang tepat untuk kenari tentu diperlukan jika si pemilik ingin burung rawatannya itu mempunyai suara kicauan yang lebih bervariasi. Untuk itu, penting sekali kita memilih suara masteran yang sesuai dengan karakter vokal dari burung tersebut.

Ada beberapa jenis burung masteran yang selama ini kerap digunakan untuk melatih agar kenari bersuara lebih panjang dan bervariasi. Berikut tips memilih masteran yang sesuai untuk kenari:

A. Kenari berkarakter suara ngerol 

Karakter suara ngerol banyak dicari karena dianggap bisa menambah durasi suara kicauan burung jadi lebih panjang dan tanpa jeda. Ada beberapa jenis burung kicauan yang umum digunakan untuk memaster kenari, yaitu:

Blackthroat

Blackthroat memiliki suara kicauan yang ngerol sehingga cukup popular sebagai masteran untuk kenari. Kenari yang sudah dimaster dengan lagu-lagu blackthroat umumnya akan mempunyai suara kicauan yang lebih ngerol, variasi, dengan durasi lagu yang panjang.

Sanger

Seperti juga blackthroat, edel sanger pun cukup disukai untuk masteran kenari. Meski bertubuh kecil, namun sanger memiliki suara kicauan yang cukup nyaring dengan irama lagu yang ngerol. Kenari yang dimaster dengan lagu-lagu sanger akan cenderung mampu bersuara panjang dan tanpa jeda.

Jalak suren

Umumnya, jalak suren yang dicari untuk masteran kenari adalah burung yang masih mempunyai suara khas alamnya, yaitu nyerecet. Kenari yang mampu meniru suara alas jalak suren akan cenderung bersuara lebih kencang, ngerol dan penuh variasi.

Pleci

Suara pleci ngalas dan ngerol disukai agar kenari memiliki irama cengkok yang lebih enak didengar. Selain itu, suara tersebut jika dipadukan dengan suara alami kenari tentu akan menjadikan lagu-lagunya jadi lebih panjang.

Lovebird

Suara ngekek lovebird bisa menjadi masteran yang sesuai jika ingin kenari bersuara ngerol panjang. Selain itu, suara ngekek juga bisa menjadi tambahan variasi lagu yang tepat pada waktu burung dilombakan.

B. Kenari berkarakter nembak-nembak 

Kenari dengan suara isian yang nembak-nembak biasanya adalah burung yang melagukan lagu aslinya namun disertai dengan suara isian yang nembak-nembak di ujung nyanyiannya. Ada beberapa jenis burung masteran dengan karakter suara tembakan seperti ciblek, cucak jenggot, gelatik batu, prenjak, dsb. Kenari dengan suara isian tembakan biasanya lebih disukai terutama di lomba-lomba kenari isian.

Demikian cara memilih masteran yang sesuai untuk burung kenari.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *