Tips Membuat Pleci Gacor Tanpa Doping

  • Whatsapp

Pleci termasuk jenis burung yang sering diberikan dopingan agar bersemangat dan gacor, tapi tahukah anda? Penggunaan doping dalam jangka panjang justru bisa merusak sistem metabolismenya. Tanpa dopingan pun sebenarnya kita bisa memaksimalkan penampilan pleci di lapangan. Bagaimana caranya? Simak tips membuat pleci gacor tanpa doping berikut ini.

Pleci adalah jenis burung yang sangat aktif, kebutuhan nutrisinya harus selalu terpenuhi jika ingin burung ini selalu aktif dan rajin bunyi. Karena alasan itulah, banyak kicau mania memberikan suplemen tambahan agar pleci kesayangannya menjadi rajin bunyi. Namun tak jarang, suplemen doping yang digunakan itu mengandung unsur-unsur yang bisa membahayakan burung itu sendiri.

Doping umumnya diberikan untuk merangsang burung agar semakin gacor, namun tanpa disadari hal ini dapat membunuh burung secara perlahan. Apalagi jika suplemen dopingan dibuat dari bahan-bahan yang bisa mengganggu kesehatan dan merusak organ tubuhnya.

Dampak buruknya selain bisa mengganggu kesehatan, adalah menjadikan burung ketagihan atau tidak mau bunyi jika tidak diberikan dopingan tersebut. Oleh karena itu, bijaklah dalam pemberian pakan dan suplemen untuk burung peliharaan, karena meski hasilnya terlihat instan namun efek buruknya bisa lebih panjang.

Membuat Pleci Gacor tanpa Doping

Jika kita mau berusaha, perawatan pleci tanpa doping bisa dilakukan dengan memenuhi kebutuhan harian dan pakannya. Dengan perawatan yang rutin dan teratur tersebut, pleci akan lebih cepat terpancing untuk rajin bunyi / gacor dan aktif sepanjang hari.

Ada beberapa cara merawat pleci tanpa doping, tapi hasilnya bisa langsung terlihat, yaitu:

Memberikan pakan yang tepat. Pleci membutuhkan pakan yang kaya nutrisi untuk membuatnya tetap aktif dan rajin bunyi. Pakan tersebut terdiri dari voer dan ekstra fooding. Untuk melengkapi kebutuhannya, pleci bisa diberikan pakan Ciblek Kristal karena mengandung banyak bahan bermanfaat yang dibutuhkannya. Voer racikan ini selain bersifat mengenyangkan, juga menjadikan burung tetap aktif, berstamina, dan rajin bunyi.

Selain pakan voernya, pleci harus mendapatkan asupan pakan tambahan yang bersumber dari serangga. Kebutuhan pakan hewaninya itu dibutuhkan untuk mendongkrak birahi sehingga menjadikannya semakin rajin bunyi dan lebih fighter. Pakan serangga yang bisa diberikan sebagai pengganti doping adalah ulat hongkong warna putih yang diberikan sebanyak 2 -3 ekor setiap pagi, siang, dan sore hari. Agar lebih memiliki khasiat, 10 menit sebelum diberikan, ulat hongkong terlebih dahulu diberikan pakan berupa dedaunan herbal atau rempah-rempah.

Setiap kali burung diembunkan pada pagi hari, berikan kroto sebanyak satu sendok teh kecil yang dimasukkan dalam cepuk terpisah. Kroto bermanfaat memberikan tambahan stamina dan menjadikannya rajin bunyi. Pemberian kroto bisa dilakukan setiap dua – tiga hari sekali. Selain kroto, berikan juga buah-buahan yang bervariasi, terutama yang memiliki banyak kandungan airnya

Setelah burung dimandikan baik dengan cara semprot atau mandi cepuk, pleci diberikan pakan tambahan lainnya yaitu jangkrik yang diambil bagian daging putihnya saja. Berikan ef tersebut dengan menggunakan bantuan lidi atau diletakkan langsung pada cepuk pakannya.

Untuk perawatan mandinya bisa dilakukan dengan menggunakan air dingin atau air es yang dimasukkan ke dalam sprayer atau karamba mandinya. Selesai mandi, pleci dijemur di bawah sinar matahari selama 1 jam, setelah itu diangin-anginkan lalu diberikan multivitamin tambahan yang aman dikonsumsi dan tanpa efek samping. Pemberian multivitamin secara rutin bisa menjadikan pleci makin aktif, fighter, dan tentu saja rajin bunyi.

Selain perawatan di atas, pleci juga harus diumbar setiap 1 – 2 minggu sekali. Tujuan pengumbaran adalah untuk melatih mental dan fisiknya. Selain itu juga berfungsi sebagai pencegah stres karena burung bisa terbang kesana-kemari di dalam kandang yang cukup luas.

Itulah beberapa tips membuat pleci gacor tanpa doping.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *