Tips Membuat Anis Kembang Ngerock’n roll

  • Whatsapp

Burung anis kembang punya suara kicauan yang lantang dengan ciri khas lagu-lagunya yang ngeroll. Hal inilah yang menjadikan banyak kicaumania tertarik untuk memeliharanya di rumah, apalagi suaranya yang keras itu dapat menjadi masteran maupun pemancing bunyi. Berikut tips membuat anis kembang ngerock’n roll.

Anis kembang yang mampu bersuara ngerol adalah yang berjenis kelamin jantan. Oleh karena itu, pastikan burung yang Anda rawat itu benar-benar burung jantan dan bukan bakalan/bahan, karena untuk menjadikan anis kembang bersuara rock’n roll dibutuhkan burung yang sudah birahi dan rajin ngeplong / bersuara kencang.

Ada banyak cara membuat burung anis kembang terpancing untuk mengeluarkan suara ngerollnya, salah satunya adalah ditempel burung betina yang sudah birahi / lenjeh. Ciri-ciri betina lenjeh adalah mengeluarkan suara mendesir sambil menggetar-getarkan kedua sayapnya / ngeleper.

Metode pengecasan dengan betina lenjeh umumnya membutuhkan waktu, tetapi kalau sudah cocok maka anis kembang jantan akan langsung ngerock’n roll begitu dipisahkan dengan pasangannya itu.

Ada dua metode pengecasan dengan betina lenjeh, yaitu:

  1. Ditempel betina sepanjang waktu, sampai anis kembang jantan mulai keluar birahinya.
  2. Ditempel betina setiap malam, pada pagi harinya betina dipisahkan dalam jarak yang berjauhan.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam perawatan anis kembang cepat ngerok’n roll adalah mengatur birahi burung jantan. Burung jantan dibiarkan naik birahinya dengan cepat, tetapi tidak membuatnya over birahi (OB). Kondisi inilah yang akan memicu burung langsung bersuara ngeroll.

Selain ditempel betina lenjeh, membuat anis kembang ngerock’n roll juga dapat dilakukan dengan melakukan pola rawatan / settingan yang tepat, seperti berikut ini:

  • Memainkan setelan pakan extra (EF) yang terdiri dari jangkrik dan kroto setiap harinya. Cobalah berikan jangkrik dalam jumlah minimalis di hari pertama, setelah itu pantau perilakunya. Jika belum ada perubahan, porsi jangkrik bisa ditambahkan dalam perawatan berikutnya, sambil tetap mengamati perilakunya. Ketika jumlah jangkrik dirasa pas, maka burung akan terlihat perubahannya, seperti jadi lebih aktif dan lebih sering mengeluarkan suaranya.
  • Untuk mendongkrak birahi bisa juga diberikan cacing tanah sebanyak 2-3 ekor setiap pagi. Kandungan protein dalam cacing tanah dapat meningkatkan birahinya dengan cepat, namun cacing tanah juga mengandung banyak air sehingga burung tidak akan mudah over birahi. Sifatnya yang berbeda dari jangkrik maupun ulat hongkong itulah yang membuat cacing tanah cukup disukai sebagai pakan tambahan (EF) untuk semua jenis burung anis / cacing.
  • Multivitamin bisa diberikan terutama untuk burung anis kembang yang belum gacor dan ngerol. Pemberian multivitamin seperti unyuk membantu meningkatkan stamina, mental, dan daya tahannya sehingga burung jadi lebih aktif, sehat, dan tetap bersemangat setiap harinya. Dengan kondisi tersebut, anis kembang pun akan terpancing untuk lebih rajin berbunyi.
  • Pola rawatan lain yang harus diperhatikan adalah pengembunan yang rutin, mandi secara teratur terutama di pagi hari setelah matahari terbit, dan penjemuran yang berlangsung selama 30 menit.

Oke, itulah tips dan settingan membuat anis kembang ngerock’n roll.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *