Tips Melatih Cendet Agar Gacor dan Bermental Tempur

  • Whatsapp

Meski bukan termasuk jenis burung petarung atau fighter, namun cendet memiliki sifat sebagai burung predator. Oleh karena itu, perawatan cendet harus dilakukan dengan penuh perhatian, terutama jika burung ini dipelihara untuk tujuan lomba atau masteran. Untuk panduan perawatannya, berikut tips melatih cendet agar gacor dan bermental tempur.

Cendet menjadi salah satu jenis burung kicauan yang digemari semua kalangan. Untuk menjadikan cendet rajin bunyi dan bermental tempur, maka pola rawatan hariannya harus dilakukan dengan tepat, termasuk memperhatikan kebutuhan pakan yang tinggi protein.

Berikut adalah beberapa tips melatih cendet agar makin gacor dan bermental tempur:

Pengaturan pakan:

Cendet adalah burung predator, sehingga pola pakan hariannya harus dilakukan dengan menyediakan beragam extra fooding (EF) yang bervariasi. Untuk membuat cendet selalu aktif dan rajin bunyi maka pakan yang dikonsumsinya haruslah yang tinggi kandungan proteinnya, khususnya protein hewani.

Ada beberapa jenis pakan tambahan (EF) yang bisa diberikan pada burung cendet, yaitu:

  • EF umum sepert jangkrik, ulat hongkong, ulat kandang, dan kroto
  • EF alternatif seperti belalang hijau, katak hidup, ikan-ikan kecil, orong-orong, dan beberapa jenis serangga lainnya.

Selain pakan tambahan, voer yang diberikan pada burung cendet juga bisa menggunakan voer yang tinggi kandungan proteinnya, seperti voer ayam maupun voer racikan khusus.

Melatih mental cendet

Melatih mental cendet bisa dilakukan dengan sering menggantungkan sangkarnya di tempat yang ramai. Hal ini untuk membiasakan burung dengan keramaian, sehingga cepat beradaptasi.

Jika burung belum terbiasa di keramaian, maka bisa dilakukan pengerodongan terlebih dahulu dengan kain yang tebal, setelah itu kain kerodong diganti dengan bahan yang lebih tipis. Setelah cendet terbiasa di tempat ramai, maka pengerodongan tidak perlu dilakukan.

Melatih mental juga bisa dilakukan dengan menggantungkan sangkarnya tidak jauh dari suasana lomba burung cendet. Selain melatih konsentrasi, hal ini juga bisa menjadikan burung cepat terbiasa dengan suasana lomba.

Selain itu, metode untulan pun bisa diterapkan untuk melatih mental burung cendet. Metode ini dilakukan dengan cara memasukkan burung atau tikus kecil yang masih hidup ke dalam sangkarnya.

Mengatur perawatan

Perawatan harian rutin lain yang harus diterapkan adalah menjemur cendet secara rutin dan memandikannya setiap beberapa hari sekali. Selain itu, kebersihan sangkar pun harus dijaga agar cendet tidak mudah sakit maupun terinfeksi bakteri atau parasit.

Menambahkan suplemen

Hal penting lain yang bisa membantu cendet agar makin gacor dan bermental tempur adalah memberinya suplemen tambahan. Suplemen yang tepat akan menjadikan burung terjaga stamina dan kondisinya, sehingga cepat terpancing untuk rajin bunyi dan gacor.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *