Tips Gacorkan Lovebird Betina Ngekek Jeda Rapat

  • Whatsapp

Ada beragam cara menggacorkan lovebird, salah satunya dengan sistem untulan. Di kalangan lovebird mania, cara ini cukup popular karena terbukti bisa menjadikan lovebird makin gacor dan bersuara ngekek jeda rapat. Berikut tips penggacoran lovebird betina ngekek jeda rapat yang paling ampuh.

Banyak pemain lovebird mengakui bahwa sistem untulan dianggap cukup efektif jadikan gacoannya makin gacor dan bersuara ngekek jeda rapat. Namun tentu saja, hal ini harus dibarengi dengan settingan yang tepat, dan juga tergantung dari karakter burung itu sendiri.

Sedikitnya, ada dua metode penggacoran lovebird sistem untulan, yaitu memasangkan burung jantan dengan jantan, atau betina dan betina. Pemilihan jenis kelamin yang sama ini bertujuan agar lovebird lebih fokus kepada suaranya, dan tidak berproduksi / bertelur yang dapat mengganggu penampilan maupun settingannya.

Tahap awal penggacoran lovebird betina ngekek jeda rapat 

  • Siapkan lovebird betina gacoan Anda, setelah itu carikan pasangan dari burung betina juga.
  • Untuk memudahkan proses penjodohannya, pilih untulan yang berumur lebih muda dari gaconya.
  • Siapkan kandang kotak tanpa glodok.
  • Masukkan keduanya dalam kandang kotak tersebut, sambil tetap diamati perilaku dari keduanya.

Perawatan dan settingan harian 

  1. Burung betina umumnya sangat suka mandi, sehingga perawatan mandinya bisa dilakukan dengan lebih sering, termasuk juga mandi pada malam hari.
  2. Selesai mandi, burung dijemur selama -/+ 2 jam yang dimulai sejak pukul 07:00.
  3. Setelah kering, lovebird kembali dimandikan lalu kembali dijemur.
  4. Sebelum dipindah ke tempat teduh, ada baiknya burung ditempatkan lebih dulu di tempat yang bersuhu hangat agar suhu tubuhnya bisa beradaptasi. Bisa digantang di bawah atap seng atau dikerodong sambil dijemur. Biasanya, pada kondisi ini burung akan lebih sering ngeriwik.
  5. Setelah 20 – 30 menit kemudian, burung dipindahkan ke tempat yang teduh dengan suhu sedikit lembab, misalnya di dekat kamar mandi atau di bawah pohon yang rindang. Biasanya pula, pada saat inilah burung akan mengeluarkan suara ngekeknya dengan rajin.

Sedangkan untuk pakan tambahannya cukup diberikan potongan jagung manis saja setiap harinya.

Jangan lupa pula untuk mengganti air minumnya dengan air bersih dan segar setiap hari, atau jika air minum terlihat kotor. Bisa juga ditambahkan suplemen multivitamin untuk meningkatkan stamina dan daya tahan burung sepanjang hari.

Pemberian Pakan yang bagus kualitasnya disertai dengan suplemen vitamin tambahan mampu menjadikan lovebird mempunyai stamina yang lebih baik dari biasanya, sehingga ia akan semakin jago ngekek durasi panjang dengan jeda rapat.

Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *