Tips Dongkrak Stamina Lovebird Biru di Lapangan

  • Whatsapp

Kunci agar lovebird biru bisa tampil maksimal di lapangan adalah memiliki stamina yang sangat baik. Meskipun terkenal dengan suaranya yang kasar dan panjang, tapi jika tidak didukung oleh stamina dan daya tahan yang baik maka burung tidak akan bisa bermain baik di gantangannya.

Lovebird biru atau dikenal sebagai lovebird paruh putih memiliki suara kicauan yang kasar dan kristal, sehingga cukup disukai sebagai burung kelangenan atau masteran. Penampilannya yang cantik juga menjadikannya banyak dicari untuk dijadikan indukan.

Di kalangan lovebird mania ada anggapan bahwa lovebird biru sulit dibawa lomba karena penampilannya yang tidak stabil. Faktanya, jika dirawat dengan baik, burung ini justru mampu bermain maksimal terlebih dengan kualitas vokalnya yang di atas rata-rata.

Satu hal yang dapat mempengaruhi penampilannya di lapangan adalah stamina. Burung harus benar-benar memiliki stamina yang sangat baik sebelum naik gantangan. Hal ini juga yang bisa memicu lovebird biru cenderung memiliki birahi yang tidak stabil saat dilombakan.

Ada beberapa cara mendongkrak stamina lovebird biru sebelum dilombakan, di antaranya adalah:

Mendongkrak stamina melalui rawatan harian 

Perawatan yang tepat dapat mendongkrak stamina lovebird biru. Meskipun beberapa pola rawatan yang diterapkan ini bisa dibilang cukup umum / standar, namun jika dilakukan dengan teratur dan rutin dapat membantu mendongkrak stamina dan daya tahannya.

Beberapa pola rawatan untuk mendongkrak stamina lovebird biru tersebut antara lain:

  • Mengeluarkan burung setiap pagi, lalu diangin-anginkan selama kurang lebih 1 jam.
  • Sekitar pukul 07:30 – 08:00, lovebird dimandikan dengan menggunakan bak mandi atau disemprot sprayer hingga basah  kuyup, setelah itu angin-anginkan sebentar.
  • Lakukan penjemuran selama 2-3 jam. Penjemuran dalam durasi lama bertujuan untuk melatih fisik dan stamina lovebird biru tersebut.
  • Setelah dijemur, burung diangin-anginkan di tempat sejuk lalu diberikan pakan tambahan yang terdiri dari buah dan sayuran.
  • Setiap dua-tiga hari sekali, lovebird biru mendapatkan pelatihan di kandang umbaran selama 1-2 jam.

Mendongkrak stamina lovebird biru melalui pakan utama dan tambahan (EF)

Banyak kicaumania yang terlalu berharap pakan yang dikonsumsi burung rawatannya akan membuat penampilannya jadi jauh lebih baik. Faktanya, tak sedikit yang justru memberikan pakan asal-asalan atau tidak terjaga kualitas dan kandungannya, meskipun hal ini ditujukan untuk burung siap lomba.

Pemilihan pakan yang kurang terjaga kebersihan dan kualitasnya bisa mengganggu penampilannya, apalagi jika pakan yang diberikan itu sudah tercemar debu / kotoran, dan sudah berjamur. Bukan hasil baik yang diperoleh, justru burung yang sakit akan didapatkan.

Untuk menyiapkan lovebird biru ke lomba, sebaiknya memang tidak menggunakan pakan standar. Berikan burung pakan kemasan yang sudah terjamin kualitas, kandungan, dan manfaatnya. Harga beda sedikit wajar lah, terlebih lagi jika untuk tujuan agar burung bisa bermain baik di gantangannya.

Potongan kecil buah apel merah bisa diberikan setiap beberapa hari sekali, karena sangat bermanfaat mendongkrak stamina lovebird dengan cepat. Untuk melengkapi asupan pakannya, dapat diberikan kecambah yang ampuh untuk meningkatkan stamina dan daya tahan lovebird biru.

Mendongkrak stamina lovebird biru dengan multivitamin 

Pemberian multivitamin tambahan dibutuhkan jika lovebird tidak bisa tampil dengan baik di rumah maupun di lapangan. Biasanya hal ini dikarenakan kebutuhan vitamin yang tidak terpenuhi jika hanya mengandalkan pakan utama dan tambahannya.

Lovebird biru harus menerima asupan multivitmin jika ingin penampilannya lebih maksimal saat dilombakan. Selain mampu mendongkrak stamina dan daya tahannya, multivitamin yang tepat bisa menjadikan burung semakin rajin bunyi dengan suara ngekek yang keras dan panjang.

Itulah beberapa cara mendongkrak stamina lovebird biru di lapangan. Satu hal yang juga harus menjadi perhatian untuk mendukung penampilanna di gantangan adalah terjaganya kebersihan sangkar dan perlengkapannya. Sebelum burung dilombakan, pastikan sangkar sudah dibersihkan dari kotoran dan sisa pakan yang berserakan di dasar sangkarnya.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *