Tips dan Settingan Lovebird Konslet Jantan Betina

  • Whatsapp

Konslet dianggap sebagai karakter tersendiri yang dimiliki oleh lovebird yang bagus dan mau kerja saat digantang. Tidak mudah melatih lovebird cepat konslet, selain harus didukung oleh pembentukan karakter, hal ini juga sangat dipengaruhi oleh kondisi serta kemampuan burung tersebut.

Mencetak lovebird konslet jantan dan betina memerlukan penanganan yang benar-benar tepat. Begitu pun dengan perawatan harian yang harus dilakukan dengan cara yang rutin dan teratur.

Perawatan harian yang dilakukan dengan cara yang tepat itu, dapat menjadikan lovebird ngekek panjang tanpa jeda. Kondisi inilah yang kemudian bisa memicu burung untuk memasuki kondisi “konslet”.

Secara umum, ada tiga cara mencetak lovebird jantan dan betina cepat konslet, yaitu memberikan pasangan / untulan, mengatur pola pakan, dan perawatan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut treatment atau tahap-tahap perawatan harian yang dapat dilakukan untuk mencetak lovebird jantan dan betina cepat konslet.

  • Siapkan pasangan atau untulan untuk lovebird yang akan dilatih konslet. Pastikan keduanya sudah benar-benar akrab dan tidak saling menyakiti satu sama lain.
  • Setiap hari, burung selalu berada dekat dan bisa melihat burung lain atau untulannya.
  • Pemberian pakan diatur dengan setelan kencang. Hal ini untuk mendongkrak birahinya agar cepat naik. Oleh karena itu, berikan pakan yang bagus kualitasnya serta yang tidak mudah menjadikannya over birahi jika diberikan secara berlebihan.
  • Penjemuran diatur dalam durasi yang lama tapi aman (dengan tetap melakukan pengamatan), Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan pemilik mendapatkan setelan yang tepat.

Berikut pola rawatan / setelan harian untuk mendapatkan settingan konslet lovebird jantan dan betina:

Pada malam hari, lovebird diberikan mandi malam bersama untulannya. Setelah mandi, pakan diberikan Milet Volume dan vitamin US sebanyak 2-3 tetes pada paruhnya. Esok harinya, burung dijemur tanpa dimandikan. Untuk mandinya cukup diberikan cepuk besar agar burung bisa mandi sendiri. Berikan 2-3 tetes vitamin US pada paruhnya. Penjemuran dilakukan dalam setelan kencang / durasi yang lebih lama dari biasanya.

Lakukan cara-cara di atas selama kurang lebih 1-2 bulan dengan tetap melakukan pengamatan terhadap kondisi dan perilakunya. Untuk memancingnya agar ngekek panjang, lovebird tersebut harus dipisahkan dari pasangannya satu minggu 2x, sambil diberikan semprotan halus.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *