Tips dan Settingan Kolibri untuk Lomba Agar Gacor

  • Whatsapp

Merawat burung-madu atau biasa disebut kolibri untuk tujuan lomba membutuhkan perhatian yang sangat ekstra. Selain harus memenuhi kebutuhan nutrisinya, beberapa settingan khusus pun harus diterapkan untuk menjaga kondisi dan mentalnya. Simak tips dan settingan kolibri untuk lomba berikut ini.

Sejatinya burung-madu berbeda dengan kolibri atau hummingbird, namun keduanya sama-sama membutuhkan nektar sebagai salah satu sumber energi. Nektar memang sangat dibutuhkan untuk mendukung aktivitas harian mereka, termasuk untuk berkicau dan menghalau burung lain yang memasuki area teritorialnya.

Nektar adalah cairan yang dihasilkan oleh bunga. Sayangnya, cairan yang kaya glukosa ini tidak bisa disimpan begitu saja dalam cepuk pakan karena mudah menguap, sehingga untuk alternatifnya banyak kicaumania yang akan memberikan madu atau larutan gula sebagai pengganti nektar.

Selain nektar , pakan lain yang bisa disediakan untuk persiapan lomba burung kolibri adalah serangga, khususnya laba-laba dan beberapa jenis serangga lain seperti kroto dan ulat hongkong. Kroto yang diberikan adalah yang berbentuk kapsul / telur sebanyak 3 butir, sedangkan ulat hongkong cukup 1 ekor saja yang berwarna putih.

Faktor pendukung lain yang bisa menjadikan burung kolibri makin gacor dan siap mental untuk lomba adalah faktor rawatan atau settingan.

Berikut settingan burung kolibri untuk lomba:

  • Lakukan penjemuran secara rutin yang disesuaikan kebiasaan. Pada umumnya, penjemuran burung kolibri berlangsung selama 1 jam, tapi untuk burung yang kurang birahi atau kurang gacor maka durasi penjemuran bisa ditambah waktunya.
  • Mandikan kolibri seperlunya saja atau bisa juga dilakukan setiap beberapa hari sekali. Untuk burung yang akan dilombakan, pemberian mandi disetop dahulu selama beberapa hari yang bertujuan untuk menjaga kondisinya agar selalu siap untuk dilombakan.
  • Berikan full kerodong kepada sangkarnya yang dilakukan untuk menjaga stamina dan energinya. Hal ini bisa dilakukan sejak H-2 atau dua hari sebelum dilombakan.
  • Latih burung kolibri dengan kolibri lain agar memiliki mental tarung yang lebih baik. Bisa juga dipertemukan dengan burung betina yang bertujuan untuk mendongkrak birahi dan mentalnya. Lakukan latihan setiap seminggu sekali.

Demikian tips dan settingan kolibri untuk lomba.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *