Tips dan Settingan Cible Agar Siap Lomba

  • Whatsapp

Sebelum membawa ciblek ke lapangan untuk dilombakan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu apakah burung rawatannya itu sudah siap lomba atau belum. Hal ini sangat penting, karena erat kaitannya dengan kondisi mental ciblek tersebut. Nah, untuk itu simak tips dan settingan ciblek agar siap lomba berikut ini.

Burung yang belum siap lomba lalu dipaksa untuk ikut bertanding dalam sebuah even latberan atau latpres, maka ia akan merasa terintimidasi oleh lawan-lawan mainnya. Begitu juga ciblek, jika tidak memiliki mental yang cukup, maka ciblek akan mudah stres dan ngedrop mentalnya.

Untuk menyiapkan ciblek agar siap lomba, maka beberapa settingan berikut ini bisa Anda terapkan:

Perawatan ciblek agar siap lomba dapat dilakukan sejak dua minggu sebelum lomba atau H-14. Adapun pola rawatan yang diterapkan adalah:

  1. Ciblek disendirikan atau tidak melihat burung sejenis selama masa perawatannya tersebut atau sejak H-14.
  2. Lakukan pengembunan secara rutin, lalu setiap kali burung diembunkan berikan kroto sebanyak setengah sendok teh.
  3. EF (extra fooding) diberikan seperti biasa.
  4. Berikan pakan voer yang bernutrisi tinggi
  5. Biasakan mengganti air minumnya secara berkala. Air minum yang baik untuk ciblek adalah air segar dan bersih. Anda bisa juga memberikan air kemasan. Untuk menjaga kondisinya, tambahkan Multivitamin
  6. Mandi dilakukan rutin setiap pagi, setelah itu ciblek dijemur s/d pukul 09:00.
  7. Selesai dijemur, ciblek diangin-anginkan sebentar lalu sangkarnya diberikan kerodong tipis sampai sore.

Settingan H-7 

  • Pada saat ini, ciblek tidak hanya dijauhkan dari burung sejenis saja tetapi juga tidak boleh mendengarkan suara ciblek lain dalam jarak dekat. Kalaupun ingin memutarkan suara burung ciblek, maka harus dilakukan dalam jarak yang cukup jauh alias terdengar samar-samar.
  • Berikan mulvitamin Sup Plus Bird untuk membantu mendongkrak stamina dan daya tahan burung selama proses persiapan lomba ini.
    Untuk mandi dan jemur dilakukan dalam durasi waktu yang lebih singkat.
  • Sangkar tetap diberikan kerodong dari siang s/d sore hari.
    Selama 3-4 hari, ciblek mendapatkan pakan tambahan atau EF seperlunya saja, setelah H-4, EF mulai diberikan lebih banyak dari sebelumnya.
  • Untuk memancing rajin bunyi dan ngebren, Anda bisa mengecasnya dengan ciblek betina selama kurang lebih 1 menit saja. Proses ini bisa dilakukan pada H-2 atau H-1.

Settingan hari-H 

  • Setelah hari-H, sangkar dan perlengkapannya dibersihkan dari segala kotoran maupun sisa pakan yang berserakan. Hal ini untuk mencegah burung turun ke dasar sangkarnya saat sedang dilombakan.
  • Pagi hari, ciblek dimandikan semprot seperlunya saja, setelah itu berikan kerodong tebal dalam perjalanan ke arena lomba.
  • Sesampainya di lapangan, kerodong dibuka lalu burung digantung sebentar agar bisa beradaptasi dengan lingkungan dan suasana lomba.
  • Setelah beberapa menit, sangkarnya kembali diberikan full kerodong dan mulai dibuka saat akan naik gantangan.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *