Tips dan Cara Merawat Lovebird Kontes

  • Whatsapp

Kriteria lovebird sebagai burung lomba tidak hanya dilihat dari kemampuan ngekeknya saja, tetapi juga sudah banyak kontes-kontes kecantikan lovebird yang menilai penampilan dan kecantikan bulu-bulunya.

Pada hakekatnya, kontes yang menampilkan kecantikan lovebird dengan lomba adu suara tentu berbeda baik dari segi penilaian maupun burung yang dilombakan. Pada kontes kecantikan lovebird (Lovebird beauty contest & Show) yang ditonjolkan adalah tampilan fisik dari burung lovebird tersebut, sesuai kriteria penilaian.

Adapun kriteria standar yang menjadi dasar penilaian burung antara lain postur tubuh yang proporsional, komposisi warna bulu, anatomi luar, dan lain sebagainya. Nah, agar burung lovebird kesayangan kita bisa mendapatkan nilai maksimal saat dikonteskan, maka beberapa pola rawatan berikut ini bisa diterapkan.

Selalu menjaga kebersihan sangkar 

Lovebird adalah burung yang bergerak aktif. Karena bergerak dengan merayap itu, maka bulu burung yang indah akan jadi cepat kusam dan kotor akibat sangkar yang kotor / jarang dibersihkan. Bagian dari bulu lovebird yang sering kotor adalah ujung sayap dan ekornya.

Oleh karena itu, selalu menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya dari kotoran dan sisa pakan dapat menjaga keindahan warna bulunya.

Jika bulu burung terlihat kotor 

Hal yang harus dilakukan saat mendapati bulu lovebird yang akan dikonteskan terlihat kotor adalah segera membersihkan bulu-bulunya dengan sabun khusus burung. Jika tidak ada, bisa menggunakan sabun mandi yang dibuat khusus untuk anak-anak dan bayi.

Membersihkan bulu dengan cara disemprot tentu dapat merepotkan karena burung yang lebih banyak bergerak saat dimandikan. Sehingga cara yang bisa dilakukan adalam membersihkan dengan cara dipegang.

Namun sebelum memegang burung, semprot terlebih dahulu tubuhnya menggunakan hand sprayer untuk membatasi pergerakannya. Dengan demikian, burung jadi lebih mudah ditangkap dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah basah, segera tangkap burung dengan perlahan dan hati-hati. Gunakan handuk kecil sebagai pelindung tangan.

Setelah burung berhasil ditangkap, segera bersihkan bulu yang kotor dengan air bersih, khususnya bagian sayap dan ekornya. Gunakan sabun untuk membersihkan bulu dari kotoran yang menempel, setelah itu bilas kembali dengan air bersih.

Yang perlu diperhatikan adalah gerakan ketika kita membasuh dan membersihkan bulu burung. Lakukan dengan hati-hati dengan arah usapan tangan sesuai bulu burung.

Membersihkan kaki lovebird dengan minyak 

Untuk mempercantik penampilannya, gunakan sedikit baby oil yang dioleskan secara merata pada bagian kaki-kakinya. Penggunaan baby oil karena memiliki kandungan yang aman dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit burung.

Selain itu, baby oil juga bermanfaat menjadikan kulit kaki dan jari burung lebih bersih, menghilangkan kerak dan jamur yang sering menempel di kakinya. Namun pemakaian baby oil dilakukan di sekitar kaki-kakinya saja dan tidak terkena bulu di pahanya.

Gunakan alas sangkar 

Untuk menjaga keindahan dan penampilan bulu-bulunya, bagian dasar sangkar sebaiknay ditutupi dengan karpet atau kertas yang bersih. Setelah itu, burung kembali dimasukkan ke dalam sangkarnya.

Penjemuran 

Setelah bulu-bulu dibersihkan, burung dijemur di bawah sinar matahari selama 10 s/d 15 menit untuk mengeringkan bulunya. Setelah kering, lovebird diangin-anginkan di tempat teduh.

Pengaturan pakan dan vitamin 

Untuk lovebird kontes, pengaturan pakan umumnya dilakukan secara biasa alias tidak perlu disetel agar naik birahinya.

Untuk lovebird kontes, pengaturan pakan umumnya dilakukan secara biasa dan tidak mendapatkan settingan pakan yang ketinggian maupun terlalu rendah. Yang terpenting adalah terpenuhinya kebutuhan nutrisi lovebird, sehingga burung tetap aktif dan sehat saat dikonteskan.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *