Tips Agar Lovebird Paud Cepat Ngunci di Lapangan

  • Whatsapp

Birahi lovebird paud yang masih belum stabil menjadikan banyak penggemarnya berusaha keras agar momongannya bisa bekerja dengan baik di gantangan. Berbagai settingan pun diterapkan untuk tujuan agar lovebird kesayangan mampu tampil dengan penuh maksimal. Salah satunya adalah tips lovebird paud cepat ngunci di lapangan berikut ini.

Mengunci lovebird paud agar bisa tampil stabil di lapangan tentu bukan perkara yang mudah, terlebih lagi birahinya dikenal sangat gampang berubah-ubah. Untuk itu dibutuhkan perawatan harian yang tepat dan sesuai karakter agar burung bisa bermain baik saat dilombakan.

Jika kebetulan Anda memiliki lovebird paud yang masih belum juga mencapai “top form” saat dilombakan, maka harus segera dilakukan perubahan terhadap pola pakan dan juga setelan perawatan hariannya.

Umumnya, lovebird yang sudah berumur 5 bulan sudah mulai mendekati masa dewasa kelamin. Pada saat inilah, kondisi birahinya akan cenderung tidak stabil. Meskipun dikenal mudah latah, aktif, dan rajin ngekek, namun dengan kondisi birahi yang demikian tentu tidak akan bisa tampil dengan baik saat dilombakan.

Ada dua macam cara agar lovebird paud cepat ngunci di lapangan, yaitu:

  1. Menerapkan settingan dengan untulan seperti yang pernah dijelaskan dalam artikel di sini. Settingan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan birahinya, meredam gacor ketika di rumah sehingga burung memiliki energi lebih banyak saat di lapangan, serta untuk meminimalisir sifat kepo yang lazim dimiliki burung yang masih berumur muda.
  2. Menerapkan pola rawatan single fighter untuk burung yang dipelihara tanpa pasangan / untulan. Settingan single fighter dilakukan dengan mengubah pola makan serta rawatan hariannya.

Berikut settingan yang dapat diterapkan untuk mengunci lovebird paud di gantangan:

  1. Melakukan pengembunan dengan lebih rutin,
    Mengganti pakan dengan yang lebih baik kualitasnya
  2. Memandikan lovebird secara teratur setiap pagi yang dilanjutkan dengan mengangin-anginkan burung di tempat sejuk sebelum dijemur di bawah sinar matahari.
  3. Untuk menjaga stamina lovebird paud sehingga memiliki energi cukup untuk beraktivitas dan mampu ngekek panjang, maka secara teratur memberikan multivitamin setiap beberapa hari sekali.
  4. Memberikan pakan tambahan atau extra fooding (EF) yang sesuai secara rutin. Pakan tambahan yang cocok diberikan antara lain jagung manis dan kangkung.
  5. Melatih lovebird dalam kandang umbaran yang bermanfaat untuk mendongkrak mental dan staminanya.
  6. Menjaga kebersihan sangkar dari sisa pakan yang berceceran dan kotoran. Hal ini juga sangat penting dilakukan sebelum burung disiapkan untuk lomba.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *