Tips Agar Lovebird Kuat Main Beberapa Kelas Lomba

  • Whatsapp

Semakin bertambahnya jumlah kelas lovebird dalam satu even lomba, membuat banyak lovebird mania merasa tertantang untuk bisa mengikuti semua kelas tersebut. Tapi apakah burung rawatannya sanggup bermain full di semua kelas lomba? Simak tipsnya berikut ini.

Tidak mudah menjadikan seekor lovebird menjadi jawara lomba, karena yang dibutuhkan bukan hanya kemampuan ngekeknya saja tapi juga ketahanan fisik dan mentalnya. Tanpa didukung oleh hal tersebut, lovebird tidak akan bisa tampil maksimal saat dilombakan.

Begitu pun ketika lovebird mania bermaksud melombakan burung rawatannya beberapa kali dalam satu gelaran lomba. Si burung tentu harus sudah mempunyai ketahanan fisik dan mental yang sangat baik agar bisa bermain cantik tanpa mengenal kata lelah.

Selain kemampuan berkicaunya, lovebird membutuhkan stamina dan mental yang tangguh agar bisa tampil maksimal di semua gelaran kelas lomba yang berlangsung pada hari yang sama. Berikut tips menjadikan lovebird kuat main full di semua kelas lomba.

1. Melatih fisik dan stamina dengan pengembunan dan umbaran 

Kemampuan berkicau lovebird harus disertai dengan daya tahan fisik dan staminanya yang baik, dengan demikian burung akan mampu tampil maksimal meski bermain 2 – 3 kelas dalam satu gelaran lomba.  Untuk melatih daya tahannya tersebut bisa dilakukan dengan melakukan pengembunan dan mengumbar lovebird secara rutin.

Pengembunan memiliki beragam manfaat jika dilakukan dengan rutin, salah satunya adalah mampu meningkatkan stamina burung. Begitu pula dengan pengumbaran yang tak hanya bermanfaat untuk ketahanan fisiknya, tapi juga sangat baik untuk melatih mental dan kemampuan berkicaunya.

Pada umumnya, pengembunan dilakukan pada 30-60 menit sebelum matahari terbit. Suasana pagi yang tenang dan sejuk dapat menjadikan lovebird semakin aktif dan rajin bunyi. Selain itu, mampu memberikan kesegaran dan juga untuk mendongkrak staminanya. Adapun pengumbaran yang dilakukan pada waktu yang tepat, bisa membantu melatih daya tahan fisiknya sehingga lovebird tidak mudah lelah saat digantang di beberapa kelas.

Pengumbaran bisa dilakukan setelah matahari terbit, atau setelah burung dimandikan baik dengan cara disemprot menggunakan hand sprayer maupun menggunakan cepuk minumnya.

2. Melatih ketahanan fisik dan mental dengan terapi mandi

Metode lain yang dapat dilakukan agar lovebird selalu siap gantang beberapa kali dalam satu gelaran lomba adalah memberikan terapi mandi. Terapi mandi ini dipisahkan dalam beberapa kategori, antara lain adalah mandi kering dan mandi berenang.

Mandi kering adalah terapi memandikan burung hingga basah kuyup lalu dijemur, dan setelah kering burung kembali dimandikan hingga basah. Hal ini dilakukan secara berulang-ulang untuk mendapatka hasil yang maksimal.

Adapun terapi mandi berenang adalah cara memandikan lovebird dengan mencemplungkan tubuhnya ke dalam bak mandi atau ember yang berisi penuh air bersih. Di sini burung dibiarkan berenang dalam waktu yang ditentukan.

Kedua macam terapi tersebut dianggap cukup bermanfaat untuk mendongkrak mental, stamina, dan daya tahan fisiknya agar burung jadi lebih kuat dan tangguh. Terutama saat akan bermain beberapa kelas dalam satu even lomba burung.

3. Mendongkrak stamina, mental, dan daya tahan fisik dengan asupan pakan yang tepat 

Asupan pakan yang sesuai dan tepat juga bisa membantu mendongkrak stamina, mental, dan daya tahan fisiknya. Lovebird membutuhkan asupan gizi yang seimbang, khususnya jika ingin bermain full di beberapa kelas.

Ketiga hal di atas tadi merupakan faktor penting yang dapat membantu memaksimalkan penampilannya di lapangan. Dengan terjaganya stamina, maka lovebird bisa tampil dengan baik meski bermain 2 s/d 3 kali dalam satu even lomba burung.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *