Solusi untuk Cendet yang Sering Bunyi di Bawah Sangkar

  • Whatsapp

Cendet terkenal dengan gaya nagennya ketika berbunyi. Hal ini tentu dapat menjadikan penampilannya makin terlihat garang dan menarik. Tapi bagaimana jika burung cendet lebih menyukai berbunyi di dasar sangkarnya saja. Kalau sudah begitu, simak beberapa penyebab dan cara mengatasinya berikut ini.

Salah satu yang menjadi ciri khas cendet adalah gaya berkicaunya yang terlihat elegan. Ketika berbunyi, ia akan berdiri tegak di atas tenggerannya dengan ekor yang menyatu membentuk angka 1. Tapi tidak semua cendet dapat tampil dengan gayanya tersebut, ada juga burung yang lebih suka berbunyi di dasar sangkarnya.

Pola rawatan yang kurang tepat, serta beberapa faktor penyebab lainnya dapat mempengaruhi gaya burung cendet ketika berbunyi. Biasanya pula, burung yang masih muda adalah yang paling sering terlamati bunyi di lantai sangkarnya.

Ada beberapa kemungkinan penyebab cendet gemar berbunyi di dasar sangkarnya. Selain dipengaruhi oleh kondisi fisik dan staminanya yang tidak fit, bunyi di dasar sangkar juga bisa dipicu oleh hal lain, yaitu:

  • Kebiasaan dikerodong tanpa full menutupi sangkarnya yang meyebabkan cendet turun ke lantai untuk mengintip ke luar sangkarnya. Jika terlalu sering, maka hal ini dapat menjadi kebiasaan burung tersebut termasuk suka bunyi di dasar sangkarnya.
  • Burung yang terlalu manja,
  • Cendet yang kekurangan nutrisi dari pakan tambahan dan vitaminnya.
  • Cendet mengalami over birahi (OB).

Cendet yang sering turun ke dasar sangkar untuk sekedar berbunyi tentu dapat menyebabkan bulu ekornya rentan rusak dan penampilannya pun jadi tidak maksimal. Untuk mengatasi masalah cendet yang suka bunyi di bawah, silakan simak beberapa solusinya berikut ini:

  • Mengurangi pemberian pakan tambahan atau EF jika hal ini disebabkan oleh burung yang over birahi. Setiap hari, cendet diberikan terapi mandi malam dan juga pengembunan dengan lebih rutin.
  • Namun jika hal ini disebabkan oleh kondisi fisik maupun staminanya yang tidak fit, maka berikan pakan tambahan yang lebih bervariasi, misalnya jangkrik, ulat bambu, belalang, dan lain-lain. Untuk mendukung perawatannya tersebut, tambahkan multivitamin ke dalam air minumnya untuk mempercepat proses pemulihannya.
  • Cendet yang terlalu manja sehingga kerap berbunyi di bawah / dasar sangkar bisa diberikan shock terapy yang dapat mencegah burung terlalu manja. Selain itu, berikan pakan tambahan / EF dalam porsi yang jauh lebih banyak dari biasanya untuk mengurangi sifat manjanya, serta berikan juga suplemen mulvitamin SUP PLUS BIRD.
  • Lakukan perubahan pada pola pakan khususnya menggunakan voer yang bagus kualitasnya, serta tambahan suplemen vitamin seperti Sup Plus Bird. Perawatan harian harus didukung pula dengan mandi dan jemur secara teratur.
  • Solusi lain adalah mengganti sangkar dengan sangkar lain yang bisa membuatnya lebih nyaman di atas tenggerannya.
  • Lakukan pengerodongan secara full pada malam hari.

Demikian beberapa solusi untuk cendet yang sering bunyi di bawah .

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *