Solusi Menjinakkan Lovebird yang Terlalu Giras / Liar

  • Whatsapp

Lovebird yang jinak dan tidak takut lagi kepada manusia, tentu lebih mudah dilatih agar mempunyai mental dan suara ngekek yang lebih baik. Saat bertanding pun, burung akan mampu tampil dengan maksimal tanpa rasa takut.

Meskipun lovebird dikenal cepat beradaptasi dan gampang jinak, tapi sering juga ditemukan burung yang girasnya minta ampun. Sebagian kicaumania mungkin akan menyerah menghadapi kondisi momongannya yang sangat giras itu, dan lebih memilih untuk menukarkannya dengan burung lain yang lebih mudah dirawat.

Lovebird yang berperilaku terlalu liar atau giras, bisa disebabkan oleh kondisi burung yang terlalu ketakutan. Hal ini umumnya disebabkan oleh burung yang terlalu stres, atau pernah mengalami trauma yang membuatnya jadi bersikap sangat liar.

Untuk menjinakkan lovebird yang terlalu giras tersebut, tentu membutuhkan penanganan yang sangat tepat. Perawatan yang disertai dengan terapi-terapi pemulihan yang rutin dilakukan bisa menjadikan burung jadi lebih cepat jinak.

Berikut proses penjinakan lovebird yang terlalu giras:

Menggunakan sistem koloni

Sebagai jenis burung sosial, lovebird sangat suka berkumpul dengan burung lain sesama jenisnya. Ketika burung dipisahkan dari pasangannya, atau terlalu lama dipelihara sendirian tanpa teman dan pasangan, maka bisa memicu perilakunya menjadi sangat giras. Kondisi ini muncul akibat burung yang terlalu stres.

Salah satu metode yang bisa diterapkan untuk menjinakan lovebird yang terlalu giras adalah menyatukannya dengan kawanan lovebird lain yang sudah jinak dalam kandang koloni. Lakukan terapi koloni ini selama kurang lebih satu minggu.

Biasanya, jika pemilik rutin berinteraksi dengan lovebird lain dalam kandang tersebut, maka burung yang giras itu akan ikut terbawa menjadi jinak. Setelah dirasa sudah cukup jinak, Anda bisa memindahkannya ke dalam sangkar harian.

Terapi mandi hingga basah kuyup 

Terapi memandikan lovebird hingga basah kuyup merupakan bentuk terapi yang cukup popular di kalangan lovebird mania. Berikut beberapa cara terapi mandi basah untuk lovebird yang terlalu giras.

  • Siapkan ruangan atau kamar yang akan digunakan untuk terapi, pastikan ruangan tersebut sudah tertutup rapat dan tidak ada benda-benda yang bisa membahayakan burung.
  • Masukkan sangkar berisi lovebird yang terlalu giras ke dalam ruangan / kamar, lalu letakkan di lantai.
  • Tangkap burung menggunakan tangan, lalu siapkan semprotan / hand sprayer atau ember kecil yang berisi air bersih.
  • Dengan menggunakan semprotan atau tangan, tubuh burung tersebut kita basahi hingga basah kuyup. Lakukan secara halus dan tidak kasar.
  • Kemudian dalam kondisi bulu yang sangat lepek itu, letakkan burung di atas sangkarnya. Lalu biarkan selama beberapa detik.
  • Usap perlahan kepala lovebird tersebut dengan tangan, lakukan dengan penuh kesabaran sampai kondisi burung sudah lebih tenang.
  • Berikan makanan melalui jari tangan, misalnya menempelkan milet pada jari lalu diberikan pada burung. Jika lovebird mau mengambilnya, maka itu artinya burung sudah mau jinak.
  • Namun jika burung masih menggigit dan terlihat ketakutan, maka terapi ini bisa dilakukan secara teratur setiap hari.
  • Setelah burung mulai terlihat lebih jinak dan tidak ketakutan lagi, Anda bisa menghentikan terapi ini dan memulai settingan harian yang diperlukan.
  • Untuk menghilangkan stres setelah terapi mandi basah, berikan lovebird tersebut dengan pakan yang bernutrisi tinggi

Baca:   Pakai mika, solusi alternatif cegah lovebird ngeruji

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *