Solusi Mengatasi Cucak Jenggot yang Macet Bunyi

  • Whatsapp

Cucak jenggot lebih dikenal sebagai burung masteran. Suara kicauannya yang tajam dan rapat itu sangat disukai untuk masteran murai batu dan lovebird. Sebagai burung masteran, cucak jenggot tentu harus dirawat agar senantiasa rajin bunyi. Tapi bagaimana jika burung ini mendadak berhenti berkicau alias macet  bunyi? Simak solusi untuk mengatasinya berikut ini.

Ada beragam penyebab burung cucak jenggot yang semula gacor untuk masteran, mendadak berhenti berkicau atau mogok berbunyi.

Ada beragam penyebab mengapa burung cucak jenggot yang semula gacor untuk masteran, mendadak berhenti berkicau atau macet bunyi. Penyebab yang paling umum antara lain adalah:

  • Burung sedang tidak sehat atau sakit.
  • Cucak jenggot dalam kondisi over birahi / OB.
  • Burung yang sedang ngedrop / kalah mental disebabkan burung lain yang lebih agresif.
  • Cucak jenggot sedang alami gangguan pernafasan atau infeksi pada tenggorokannya.
  • Stress  atau trauma karena gangguan binatang lain atau akibat sangkar terjatuh dari ketinggian.

Selain itu, macet bunyi bisa terjadi akibat pola rawatan yang selalu berubah-ubah atau tidak konsisten dalam perawatan hariannya.

Berikut beberapa solusi untuk mengatasi macet bunyi pada burung cucak jenggot agar bisa kembali rajin bunyi sehingga siap ditugaskan kembali sebagai burung masteran.

Solusi mengatasi cucak jenggot macet bunyi:

  1. Mulai memberikan buah-buahan yang lebih bervariasi seperti pisang kepok putih, apel, pir, pepaya, strawberry, jeruk, dsb.  Pemberian buah-buahan tersebut bisa diselang-seling setiap hari atau dicampurkan dalam bentuk potongan kecil yang ditaruh dalam cepuk terpisah.
  2. Mengoleskan madu pada pisang, dan buah-buahan lainnya. Bisa juga dioleskan pada pakan ekstra seperti jangkrik, ulat hongkong, dsb.
    Berikan pakan EF dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya, khususnya jangkrik, ulat bambu, dan ulat hongkong.
  3. Untuk sementara burung tidak dimandikan terlebih dahulu, tetapi penjemuran tetap dilakukan dalam durasi yang disesuaikan kebutuhan.
  4. Berikan latihan free flight dalam kandang berukuran luas atau kandang umbaran.
  5. Setiap hari, cucak jenggot digantang di tempat tenang dan dijauhkan dari burung lain yang gacor sampai kondisinya telah benar-benar pulih.
  6. Berikan suplemen multivitamin untuk meredam dan mengatasi stres, menjaga stamina dan daya tahannya, juga memancing burung untuk lebih rajin berbunyi.

Itulah beberapa solusi mengatasi cucak jenggot yang macet bunyi. Jika dilakukan dengan rutin dan konsisten, burung cucak jenggot akan bisa kembali berkicau dengan suara besetannya yang rapat dan tajam tersebut sehingga bisa dimanfaatkan kembali sebagai masteran untuk jenis burung ocehan lainnya.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *