Solusi Jitu Cegah dan Atasi Lovebird Macet Bunyi

  • Whatsapp

Lovebird yang macet bunyi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari pola perawatan yang kurang maksimal atau tidak tepat hingga masalah pada kondisi maupun fisiknya. Untuk penanganannya, berikut solusi jitu cegah dan atasi lovebird macet bunyi.

Macet bunyi adalah kondisi ketika burung peliharaan yang biasanya rajin bunyi mendadak berhenti berkicau karena satu dan lain hal. Kondisi seperti ini sangat umum dialami oleh beberapa jenis burung peliharaan, termasuk lovebird.

Lovebird macet bunyi tidak akan bisa tampil seperti biasanya. Selain tidak bisa ikut berlaga di arena lomba, burung yang biasa dijadikan masteran juga tidak akan bisa dinikmati suara ngekeknya.

Walaupun tidak dianggap sebagai sesuatu yang fatal, namun macet bunyi jika tidak segera ditangani dapat memberi dampak buruk bagi penampilannya, apalagi jika kondisi ini disebabkan oleh stres ataupun gangguan penyakit.

Untuk penanganan lovebird yang macet bunyi, berikut beberapa solusi mencegah dan mengatasinya.

  1. Pengembunan – Keluarkan lovebird setiap pagi untuk diembunkan. Pengembunan bermanfaat untuk menjadikan stamina dan daya tahannya lebih baik. Suasana pagi yang dingin dan udara yang masih segar akan menjadi terapi yang sangat bagus untuk mempercepat pemulihan kondisinya. Jika rutin dilakukan, pengembunan bisa menjadi solusi yang ampuh mencegah lovebird macet bunyi.
  2. Sering dimandikan –  Sering memandikan lovebird dengan air dingin atau air yang sudah disimpan lama dalam lemari kulkas bisa menjadi terapi ampuh untuk membantu mengatasi burung yang macet bunyi. Memandikan lovebird bisa dilakukan setiap pagi maupun siang hari, baik dengan cara disemprot maupun mandi dengan cara dipegang.
  3. Ganti pakan – Burung macet bunyi bisa juga diatasi dengan mengubah pola pakan dengan yang lebih terjaga kualitasnya. Untuk lovebird yang macet bunyi, Anda bisa memberikan milet racikan khusus yang dapat merangsang burung kembali berkicau dengan rajin. Untuk mempercepat pemulihannya, milet Manyi diberikan setiap hari disertai dengan pemberian pakan tambahan berupa jagung dan kangkung.
  4. Beri Untulan – Sering juga terjadi lovebird macet bunyi karena stres tidak ada pasangan. Untuk memancingnya kembali rajin bunyi, berikan pasangan atau untulan pada burung tersebut. Adanya pasangan tersebut dapat memulihkan stressnya sehingga bisa kembali aktif dan gacor.

Semoga manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *