Solusi Jika Murai Batu Ogah Makan Voer

  • Whatsapp

Sering terjadi burung murai batu yang mendadak ogah makan voer yang sudah disediakan dan cenderung mengkonsumsi ef serangga saja setiap hari. Kondisi ini tentu akan membuat pemiliknya galau dan khawatir kalau burung rawatannya akan sakit karena kekurangan makanan. Untuk mengatasinya, simak solusi jika murai batu ogah makan voer.

Murai batu yang ogah-ogahan mengkonsumsi voer yang tersedia biasanya disebabkan oleh burung yang sudah merasa nyaman menerima pakan serangga secara berlebihan. Kasus ini biasanya terjadi pada murai batu yang baru dibeli lalu dimanjakan dengan memberikan ef dengan berlebihan.

Saat murai batu sudah merasa nyaman dengan pakan hidup yang selalu tersedia setiap saat itu, maka burung akan memiliki kebiasaan baru dengan melupakan pakan voernya lalu menunggu sang pemilik membawakan serangga untuknya.

Kalaupun kemudian murai batu terlihat mendekati cepuk voer, biasanya bukan untuk memakannya tetapi justru burung akan mengacak-acaknya untuk mencari keberadaan serangga di dalam wadah tersebut. Apabila kondisi ini terus dibiarkan, maka bukan tak mungkin kalau burung akan benar-benar melupakan pakan voernya tersebut.

Sebagian besar murai batu mania memang lebih senang kalau burung rawatannya itu hanya mengkonsumsi pakan ef saja atau serangga, karena akan menjadikan burung lebih rajin bunyi, berkarakter, dan mempunyai volume kicauan yang lebih keras.

Namun bagi kicaumania yang sibuk dengan pekerjaannya, murai batu yang susah makan voer tentu akan sulit dirawat karena harus menyediakan pakan serangga sebagai makanan utamanya. Untuk itu, tips berikut akan mengulas apa saja solusi yang bisa dilakukan jika burung murai batu mendadak berhenti / ogah-ogahan memakan voernya.

1. Melaparkan burung

Setelah burung mendapatkan EF di pagi hari, maka siang harinya burung sengaja dibuat kelaparan dulu. Dalam hal ini murai batu tidak diberikan pakan serangga apa pun, tetapi cukup menyediakan voer dalam jumlah banyak di dalam cepuknya.

Biasanya, murai batu yang kelaparan akan segera mengkonsumsi voernya tersebut, tetapi ada juga yang tetap susah memakannya karena sudah kebiasaan makan serangga. Untuk itu, silakan tunggu sampai sore hari karena biasanya pada sore hari burung akan mau memakan voernya tersebut.

Tapi jika burung masih enggan mengkonsumsi voer, maka solusi berikutnya bisa diterapkan, yaitu:

2. Menggiling voer dengan serangga

Memberikan campuran voer dan serangga dilakukan sebagai upaya terakhir agar murai batu mau mengkonsumsi voernya kembali. Cara seperti ini cukup lazim dilakukan pada burung yang masih bakalan atau muda hutan.

Potongan tubuh jangkrik, kroto dan voer dimasukkan ke dalam wadah, setelah itu giling halus menggunakan blender sampai hanya terlihat voernya saja. Voer inilah yang nanti diberikan kepada burung murai batu.
Untuk memancing burung makan voer, taburi sedikit kroto di bagian atas cepuk pakannya.

Biasanya, setelah mengkonsumsi pertama kali, burung akan terus-terusan memakan voer yang sudah dicampur serangga tersebut. Pada esok harinya, baru bisa diberikan voer murni tanpa campuran.

Untuk menjaga daya tahannya selama terapi, tambahkan multivitamin ke dalam air minumnya karena bermanfaat untuk meredam stres, meningkatkan stamina, membuat burung aktif, dan rajin bunyi.

Sup Plus Bird bisa didapatkan melalui marketplace online seperti Tokopedia, Bukalapak , dan Shopee. Bisa juga dipesan melalui chat Whatsapp di halaman ini.

Demikian solusi jika murai batu ogah makan voer.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *