Solusi Cendet Macet Bunyi Setelah Dewasa

  • Whatsapp

Perawatan burung cendet yang masih paud harus disertai dengan pemasteran yang rutin, agar kelak setelah dewasa cendet bisa berkicau dengan suara isian yang bervariasi. Namun tak jarang, setelah berganti bulu dewasa cendet bukannya rajin bunyi tetapi justru malah semakin jarang bunyi alias macet. Mengapa begitu?

Saat masih berumur trotolan atau paud, cendet mempunyai kemampuan untuk merekam suara kicauan yang didengarnya dengan sangat baik. Kemampuan itu dibutuhkannya terutama setelah burung berumur dewasa, karena bisa berguna sebagai modal dalam mencari pasangan dan menjaga wilayah berbiaknya.

Bagi kicaumania, suara cendet bisa lebih bervariasi lagi dengan melakukan pemasteran sejak dini. Pemasteran yang dilakukan umumnya menggunakan audio maupun burung masteran yang bervariasi dengan harapan kelak setelah dewasa cendet memiliki playlist kicauan yang dapat menjadikannya cepat gacor.

Tapi tak jarang, setelah berganti bulu dewasa cendet justru mengalami penurunan performa. Suara kicauannya pun tak lagi rajin, bahkan burung cenderung berhenti berbunyi / macet bunyi. Alhasil, kondisi tersebut akan membuat resah pemiliknya lantaran penampilan burung rawatannya yang tidak sesuai harapan.

Cendet paud yang setelah dewasa malah macet bunyi bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena burung stres atau kurang kondisi. Solusinya? Segera lakukan beberapa perawatan berikut ini:

  1. Cendet rutin diembunkan setiap pagi, setelah matahari terbit segera berikan 2 – 3 ekor jangkrik.
  2. Setelah itu, cendet dimandikan sesuai kebiasaan ( semprot atau karamba).
  3. Selesai dimandikan, cendet diangin-anginkan di tempat teduh.
  4. Saat sedang diangin-anginkan itulah, cendet diberi pakan voer halus yang bagus kualitas dan kandungannya
  5. Campurkan 1 sendok teh kroto ke dalam voer halus tersebut, lalu aduk hingga merata.
  6. Tambahkan juga multivitamin ke dalam air minumnya karena sangat berguna untuk menjaga kondisi, stamina, dan daya tahannya sehingga cendet tetap aktif dan terpancing untuk lebih rajin bunyi.
  7. Selesai diangin-anginkan, cendet dijemur selama 2 jam, tapi sebelumnya air minum yang sudah dicampur vitamin Sup Plus Bird dicabut, lalu diganti dengan cepuk lain yang berisi air putih biasa. Hal ini untuk mencegah larutan vitamin cepat rusak karena terpapar sinar matahari.
  8. Setelah penjemuran selesai, cendet disimpan di tempat teduh, lalu diberikan pakan ekstra (EF) yang terdiri dari 4 ekor jangkrik, dan 5 ekor ulat hongkong. Masukkan kembali larutan vitamin Sup Plus Bird ke tempat semula.
  9. Setiap seminggu sekali, cendet diuntul dengan burung kecil lain untuk mengasah mental dan sekaligus memulihkan  stressnya agar burung bisa kembali rajin bunyi.
  10. Jika dibutuhkan, cendet diberikan terapi mandi malam pada malam hari sebelum diuntul.

Demikian solusi cendet paud yang macet bunyi setelah dewasa.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *