Settingan Tunggal Lovebird Balibu Ngekek Jeda Rapat

  • Whatsapp

Settingan tunggal untuk lovebird yang masih balibu atau paud umumnya dilakukan setelah burung berumur lebih dari 3 bulan. Hal ini karena pada kondisi tersebut, lovebird sudah dianggap cukup birahinya. Untuk panduan perawatannya, simak settingan tunggal lovebird balibu ngekek jeda rapat berikut ini.

Pada dasarnya, perawatan lovebird balibu tidaklah semudah yang dibayangkan oleh banyak orang. Sifat dan karakter lovebird balibu yang cenderung sangat aktif dan kadang bertingkah nakal atau kepo bisa merepotkan. Namun jika didukung dengan settingan yang tepat, maka perilakunya akan jadi lebih bisa dikontrol.

Settingan tunggal lovebird paud ngekek jeda rapat

Secara umum, rawatan harian lovebird yang masih balibu tidak bisa dilepaskan dari pengembunan yang rutin. Tahapan ini sangat penting, mengingat pengembunan memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mendongkrak stamina dan menjadikannya rajin bunyi.

Selain pengembunan, perawatan lainnya seperti mandi, jemur, dan umbaran juga cukup penting untuk menjaga kondisi lovebird sepanjang hari. Pengumbaran bermanfaat untuk melatih stamina dan olah nafasnya sehingga mampu bersuara ngekek dengan durasi yang panjang.

Pengembunan, penjemuran, pengumbaran, dan pemberian pakan yang bagus kualitasnya merupakan empat hal terpenting dalam mencetak lovebird ngekek jeda rapat. Serangkaian perawatan tersebut harus dilakukan secara rutin dan teratur setiap harinya agar burung mampu seperti sesuai harapan pemiliknya.

Setelah lovebird balibu tersebut dianggap sudah memiliki kemampuannya tersebut, maka sudah waktunya bagi pemilik untuk menguji aksinya di arena lomba. Dengan cara inilah, kita bisa mengetahui sejauh mana kualitas burung dan rawatan yang telah diterapkan.

Settingan yang diterapkan untuk lomba tentu berbeda dengan settingan hariannya. Berikut settingan lomba lovebird balibu agar ngekek jeda rapat.

Settingan lomba untuk lovebird balibi dapat dimulai sejak tiga hari sebelum lomba atau H-3. Pada saat ini, burung mulai diasingkan dari keberadaan lovebird lain untuk menyimpan energi sekaligus untuk mendongkrak mentalnya agar jadi lebih fighter di gantangan.

Adapun pada H-2 atau dua hari sebelum lomba, lovebird diberikan settingan full kerodong. Setiap pagi lovebird diembunkan sampai matahari terbit, setelah itu dijemur secukupnya atau selama 15 menit, baru setelah itu lovebird dimandikan menggunkan hand sprayer atau cepuk minumnya.

Pada satu hari sebelum lomba atau H-1, burung kembali mendapatkan pengembunan dan penjemuran, setelah itu cukup diangin-anginkan di tempat teduh selama lebih kurang 15 menit. Setelahnya kembali diberikan full kerodong, lalu digantungkan di tempat yang tenang. Pada saat ini, anda bisa memasternya dengan burung masteran maupun suara masteran dari mp3. Untuk masteran yang lebih efektif menjadikan lovebird ngekek jeda rapat adalah suara belalang kerek, dapatkan suara masteran belalang kerek tersebut di sini.

Sedangkan pada malam harinya, lovebird bisa diberikan mandi malam yang berguna untuk mengontrol birahinya. Selesai mandi, lovebird diberikan pakan tambahan berupa jagung manis atau kangkung segar.

Di hari lomba atau hari-H, pengembunan kembali dilakukan namun kali ini tidak disertai dengan penjemuran. Setelah matahari terbit, burung diangin-anginkan di tempat teduh sambil diberikan pakan berupa jagung manis, setelah itu dikerodong sebelum dibawa ke arena lomba.

Sesampainya di lapangan, simpan burung di tempat yang menurut anda sesuai untuk adaptasi. Buka sedikit kerodong dan biarkan burung mengeluarkan suara ngekeknya, setelah itu kerodong kembali ditutup sampai siap naik gantangan.

Demikian tips dan settingan tunggal lovebird paud jeda rapat

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *