Settingan & Tips Rawatan Burung Kacer yang Kurang Fighter

  • Whatsapp

Kacer sejatinya adalah burung teritorial dengan mental fighter yang sangat baik. Jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat, maka kacer akan cenderung jadi kurang fighter sehingga rentan ngedrop jika dilombakan. Berikut settingan & tips rawatan kacer yang kurang fighter.

Mental fighter kacer sejatinya bisa terbentuk dengan sendirinya karena jenis burung ini secara alami berkarakter teritorial. Namun begitu, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan mentalnya tidak terbentuk sehingga burung jadi kurang fighter, yaitu:

  • Burung jarang dilatih di arena latberan, meskipun tidak untuk dilombakan.
  • Kacer sering digantang berdekatan dengan kacer lain di rumah, atau selalu melihat burung sejenis sehingga kehilangan sifat fighter dan teritorialnya.
  • Burung yang tidak pernah / jarang diberikan makanan ekstra khususnya serangga.
  • Kondisi burung yang cenderung lemah akibat jarang diberikan multivitamin.
  • Perawatan yang sering berubah-ubah.
  • Burung yang sedang stres.
  • Trauma karena takut oleh binatang pengganggu maupun oleh kacer lain yang sudah mapan.
  • Burung sudah memasuki masa mabung.

Untuk mengatasi burung kacer yang kurang fighter, maka beberapa metode settingan dan rawatan berikut ini dapat diterapkan, yaitu:

Melatih adaptasi di arena lomba

Sering membawa burung kacer ke arena lomba tetapi bukan untuk bertanding menjadi salah satu cara untuk melatih adaptasi burung di lapangan. Nantinya, setelah mental fighternya mulai terbentuk, barulah kacer tersebut dilatih dengan kacer lain yang seumuran dengannya.

Jangan terlalu sering dikerodong

Sering mengerodong kacer yang notabene adalah burung teritorial dapat menghilangkan sifat aslinya tersebut. Burung jadi tidak akan memiliki naluri untuk mempertahankan wilayahnya / teritorial jika setiap hari burung hanya dikerodong. Gunakan kerodong seperlunya saja misalnya ketika suhu terlalu dingin, cuaca yang berangin atau hujan, dan pada malam hari dengan tujuan agar burung bisa beristirahat total.

Meningkatkan makanan ektra (EF)

Memberikan makanan ekstra / EF dalam jumlah lebih banyak dari biasanya dapat mendongkrak birahi burung kacer. Dengan demikian, mental tempurnya akan perlahan terbentuk dan burung akan menjadi lebih gacor dari biasanya. Namun perlu diperhatikan juga takaran Ef yang diberikan untuk tidak terlalu berlebihan. Untuk itu, pemberiannya bisa dilakukan secara bertahap sambil mengamati kondisi burung.

Setiap seminggu sekali, berikan pakan alternatif yaitu makanan yang bisa didapatkan burung kacer tersebut ketika berada di alam liar. Ada beberapa jenis pakan alternatif yang dapat diberikan untuk mendongkrak mental fighternya seperti kelabang, cacing tanah, belalang, dsb.

Itulah beberapa settingan dan tips rawatan agar kacer memiliki mental fighter yang lebih baik lagi.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *