Settingan Ngunci Lovebird Paud Untulan

  • Whatsapp

Ada banyak cara menyetting lovebird paud agar mampu tampil maksimal di lapangan, salah satunya adalah dengan sistem untulan. Namun sering terjadi lovebird bermain tidak stabil saat digantang, bahkan terkesan mengabaikan untulannya. Untuk itu, dibutuhkan settingan yang tepat untuk mengunci lovebird paud dengan untulannya agar bisa bekerja maksimal saat dilombakan.

Settingan ngunci dilakukan agar lovebird paud yang dijadikan gacoan lebih terikat kepada untulannya. Dengan demikian, birahinya akan tetap tidak berubah meski di sekelilingnya banyak burung-burung lain yang juga sama-sama bertanding.

Ketika settingan yang tepat diterapkan, maka selain mengunci burung dengan untulannya, hal ini juga dapat mengunci suara ngekeknya sehingga penampilannya akan bertambah maksimal. Alhasil, burung dengan mudah melewatkan sesi lomba dengan hasil yang membanggakan.

Nah, berikut settingan ngunci lovebird paud untulan:

  • Setiap pagi secara rutin, lovebird dan untulannya dikeluarkan untuk pengembunan.
  • Berikan keduanya pakan milet Kristal yang memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi oleh burung yang masih paud, salah satunya adalah menjadikan lovebird makin rajin ngekek.
  • Setelah matahari terbit, atau sekitar pukul 06:30, lovebird dijemur bersama untulannya masih dalam satu sangkar dengan durasi 2-3 jam.
  • Selesai dijemur, kedua burung kemudian dipisahkan dalam masing-masing sangkar bulat. Lalu digantang dalam posisi berjejer dalam jarak kurang lebih 1M (100 cm).
  • Pada sore hari atau sekitar pukul 16:00, keduanya kembali disatukan dalam satu sangkar. Lalu disimpan di tempat yang teduh (di dalam ruangan).

Settingan ngunci di atas dilakukan selama satu minggu atau sampai lovebird paud gaco sudah terlihat mengalami peningkatan performanya. Untuk mengetahuinya, coba ikutkan dalam sebuah ajang latberan atau lomba burung. Untuk mendukung perawatan, berikan lovebird paud dan untulannya itu vitamin Kristal yang mampu mendongkrak mental dan staminanya.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *