Settingan Lovebird Umur 1-2 Bulan Agar Ngekek Panjang dan Siap Lomba

  • Whatsapp

Untuk menjadikan lovebird balibu atau berumur di bawah lima bulan mempunyai suara ngekek dengan durasi yang panjang, maka perawatan dan pelatihan rutin harus mulai dilakukan sejak burung tersebut masih berumur 1 – 3 bulan. Dengan demikian, pada bulan-bulan berikutnya, mereka akan berada dalam kondisi yang siap lomba

Memelihara burung yang masih berumur sangat muda, seperti lovebird balibu atau paud tentu membutuhkan perawatan yang penuh perhatian. Apalagi jika ingin burung tersebut berkemampuan mengeluarkan suara ngekeknya yang panjang.

Ada beberapa pola perawatan yang bisa diterapkan untuk melatih lovebird umur 1-3 bulan rajin ngekek, yaitu:

  1. Lovebird mulai lebih rutin diembunkan yang dimulai 30 menit sebelum matahari terbit.
  2. Setelah matahari mulai bersinar, burung dimandikan dengan cara disemprot hingga basah, setelah itu dijemur dengan posisi sangkar diletakkan di tanah atau digantang dalam posisi lebih rendah dari biasanya. Akan lebih bagus jika penjemuran dilakukan di tempat yang ramai dengan aktvitis manusia, hal ini bertujuan untuk melatih mentalnya agar terbiasa dengan suasana yang ramai.
  3. Penjemuran cukup dilakukan selama 30 s/d 60 menit saja, atau disesuaikan kebutuhan, apalagi karena burung yang masih berumur di bawah 3 bulan masih cukup lemah jika dijemur berlama-lama di bawah sinar matahari.
  4. Setelah dijemur, burung diangin-anginkan di teras rumah maupun di tempat teduh lainnya.
  5. Ketika diangin-anginkan itulah, burung dimaster dengan suara yang diinginkan. Untuk melatih suara ngekeknya, maka pemasteran bisa dilakukan dengan menggunakan suara masteran kenari, ngekek lovebird, tengkek buto, dan walang kecek, yang diputarkan secara bergantian .
  6. Pemasteran rutin dilakukan setiap hari, dengan waktu masteran berlangsung selama 30 s/d 60 menit. Agar hasilnya lebih efektif, pemasteran bisa dilakukan setiap beberapa jam sekali.
  7. Sore menjelang malam, lovebird mulai diberikan pengerodongan sampai pagi hari, yaitu setelah burung dikeluarkan untuk diembunkan.

Tips lovebird umur 1-3 bulan agar ngekek panjang

Pada perawatan lovebird umur 1-3 bulan harus lebih memperhatikan asupan pakan hariannya. Untuk menjadikan lovebird  lebih aktif dan rajin mengeluarkan suara ngekeknya, maka berikan pakan biji-bijian yang baik kualitasnya.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *