Settingan Lovebird Paruh Merah Agar Rajin Ngekek

  • Whatsapp

Ada dua jenis lovebird yang dikenal di kalangan kicaumania, yakni lovebird paruh merah dan paruh putih. Dari kedua jenisnya itu, lovebird paruh merah temasuk yang paling banyak dipelihara. Selain karena mudah dirawat, lovebird paruh merah juga dikenal gampang ngekek panjang sehingga kerap dilombakan. Untuk panduan perawatannya, berikut tips dan settingan lovebird paruh merah

Sebagian besar lovebird paruh merah memiliki warna dasar bulu yang berwarna hijau atau green series, misalnya lovebird josan, palamas, dakori, dan sebagainya. Jenis ini sangat disukai banyak kalangan karena perawatannya yang dianggap cukup mudah. Selain itu, lovebird paruh merah juga dikenal gampang terpancing untuk bunyi dengan kecenderungan suara ngekek yang panjang.

Meski begitu, setiap jenis lovebird mempunyai karakternya masing-masing. Jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat, maka burung tersebut tidak akan mampu untuk rajin bunyi, apalagi untuk mengeluarkan ngekeknya yang panjang. Oleh karena itu, pengaturan settingan yang baik bisa mendukung penampilannya jadi lebih maksimal.

Berikut tips dan settingan lovebird paruh merah:

  1. Setiap pagi hari, lovebird dikeluarkan dari dalam ruangan / rumah untuk diembunkan. Namun sebelum diembunkan, usahakan untuk menyemprot halus sedikit pada bagian dadanya.
  2. Setelah matahari terbit, burung kemudian dimandikan dengan cara disemprot hingga basah kuyup.
  3. Selesai dimandikan, lovebird diangin-anginkan sebentar untuk mengeringkan bulu-bulu yang masih basah.
  4. Setelah bulu mulai tampak mengering, lovebird kemudian dijemur di bawah sinar matahari selama 1 jam.
  5. Selesai penjemuran, burung kemudian diangin-anginkan selama 5 s/d 10 menit.
  6. Burung kemudian diberikan full kerodong, tapi sebelumnya lakukan penyemprotan halus sedikit pada bagian dadanya.
  7. Pada siang hingga sore harinya, lovebird disimpan di tempat teduh. Untuk menambah variasi ngekek dan kicauannya, lovebird tersebut bisa dilatih dengan suara masterannya.
  8. Sekitar pukul 15:00, burung kembali dibuka kerodongnya lalu dimandikan dengan cara disemprot atau memasukkan bak mandi ke dalam sangkarnya.
  9. Selesai diangin-anginkan sebentar, lovebird kemudian dijemur di bawah sinar matahari sore dengan durasi penjemuran disesuaikan kebutuhan.
  10. Sekitar pukul 17:00, burung kembali dikerodong.

Pemberian mandi malam bisa dilakukan sekitar pukul 20:00 – 21:00 dengan cara disemprot sampai tubuhnya basah kuyup. Selesai mandi malam, burung diangin-anginkan sampai bulu-bulunya mengering setelah itu sangkarnya kembali diberikan full kerodong, lalu burung dibiarkan beristirahat sampai keesokan paginya.

Perawatan lain yang tak kalah pentingnya adalah melatih lovebird di kandang umbaran. Pengumbaran bisa dilakukan setiap beberapa hari sekali.

Adapun untuk pemberian pakan sebaiknya menggunakan pakan biji-bijian yang berkualitas dilengkapi dengan pemberian pakan tambahan berupa potongan jagung manis setiap harinya.

Demikian tips dan settingan lovebird paruh merah untuk lomba maupun agar makin rajin ngekek.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *