Settingan Lovebird Konslet Multi Pasangan

  • Whatsapp

Menjadikan lovebird konslet bukan pekerjaan yang mudah, ada tantangan tersendiri dalam perawatannya untuk bisa mencapai kondisi tersebut. Untuk mendapatkan peluang konslet yang lebih besar, maka settingan lovebird konslet dengan multi pasangan dapat diterapkan.

Untuk menerapkan metode multi pasangan akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, karena dibutuhkan sedikitnya 5 pasang lovebird yang masih berumur anakan. Dengan demikian, kesempatan untuk mempunyai lovebird konslet akan menjadi lebih besar lagi.

Pemilihan bakalan konslet 

  • Lovebird yang akan dirawat untuk settingan konslet sebaiknya dipilih yang sudah berumur 2 bulan untuk memudahkan pelatihannya.
  • Anakan lovebird harus dalam kondisi sudah jinak dan tidak giras, karena yang akan dipilih nanti adalah burung yang memiliki mental yang cukup baik dan bukan burung penakut.
  • Lovebird sudah mulai mau bunyi, bisa dilihat dari perilakunya yang lebih aktif dan rajin mengeluarkan suara-suara.

Proses pemilihan pasangan 

  • Semua lovebird yang telah didapatkan kemudian dimasukkan ke dalam kandang koloni yang berukuran besar. Di dalam kandang bisa dilengkapi dengan aneka mainan serta banyak tenggeran.
  • Amati perilakunya selama 1 s/d 2 minggu, karena setiap lovebird akan mulai memiliki pasangannya masing-masing. Segera pindahkan ke sangkar harian, jika melihat ada pasangan lovebird yang sudah memisahkan diri dari kelompoknya.
  • Setelah didapatkan 4 – 5 pasang lovebird dalam sangkarnya masing-masing, tahap berikutnya adalah mengatur tata-letak gantangan sangkarnya.
  • Atur posisi sangkar dalam jarak saling berdekatan (20 cm), dengan formasi sangkar dibuat seperti sedang berkumpul / formasi segi empat.
  • Lokasi penggantangan sangkar bisa dilakukan di dalam ruangan yang dikondisikan dekat jendela yang langsung terkena sinar matahari pagi, atau bisa juga diletakkan di belakang rumah yang tentu saja aman dan mudah dipantau. Pemilihan lokasi tersebut bertujuan agar si pemilik tidak perlu repot memindahkan sangkarnya untuk pengembunan.
  • Selama berkumpul di gantangan, masing-masing sangkarnya tidak diberikan kerodong agar burung saling melihat. Pastikan tidak ada lovebird lain di luar koloni yang akan terlihat oleh kelompok pasangan paud ini.

Perawatan lovebird konslet multi pasangan 

Untuk rawatan lovebird cepat konslet, perawatan mandi dan jemur dilakukan rutin setiap hari selama 10 – 15 menit, setelah itu kembali digantang dalam posisi seperti semula.

Amati lagi masing-masing pasangan selama beberapa minggu, karena setelah dirawat dengan rutin dan teratur, akan terlihat mana lovebird yang memiliki prospek dan berpotensi untuk rajin ngekek. Segera tandai lovebird tersebut untuk mendapatkan settingan terpisah.

Pisahkan burung yang dianggap memiliki potensi tersebut ke dalam sangkar terpisah, lalu berikan full kerodong selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, masukkan lagi ke dalam sangkar yang berisi pasangannya, lalu kembali digantang bersama dengan koloninya.

Lakukan settingan di atas selama 1 – 2 minggu secara rutin dan teratur, dengan demikian burung akan terpancing untuk rajin ngekek dengan durasi yang panjang.

Sejak saat inilah, pasangan lovebird yang mulai terlihat potensial konslet mulai mendapatkan pelatihan mental dengan cara ditrek dengan lovebird lain di luar koloni setiap seminggu sekali, dengan waktu trek tidak lebih dari 15 menit.

Setelah dianggap cukup memiliki nyali untuk ditandingkan dalam even lomba burung. Lovebird tersebut sudah siap untuk dilombaan. Adapun perawatan sebelum lomba cukup mandi jemur dengan pasangannya selama 10-15 menit.  Sesampainnya di lapangan, pisahkan lovebird dari untulannya lalu berikan full kerodong beberapa menit sebelum digantang.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *