Settingan Lovebird Jantan Kembali Gacor Setelah diternak

  • Whatsapp

Seperti lazimnya mahluk hidup yang membutuhkan pasangan untuk berkembang biak, lovebird jantan yang biasa dilombakan pun memiliki naluri yang sama. Setiap tahunnya, lovebird jantan dewasa akan mengalami masa over birahi yang tidak bisa disembuhkan dengan cara apapun kecuali dipasangkan betina atau untulan.

Sebagai pelampiasan birahi, lovebird jantan akan dipasangkan dengan burung betina yang cocok. Tak jarang, pemilik burung akan memilih menernakkannya karena dianggap lebih menguntungkan. Selain ampuh atasi birahi lovebird jantan, pemilik juga akan mendapatkan beberapa anakan burung yang bisa dirawatnya hingga dewasa.

Tapi tak jarang, setelah diternak penampilan lovebird jantan justru akan cenderung menurun. Hal ini antara lain disebabkan oleh menurunnya birahi karena burung yang fokus dalam merawat dan membesarkan anak-anaknya. JIka dipaksakan untuk lomba pun, burung tidak akan bisa tampil dengan maksimal.

Settingan Lovebird Jantan Kembali Gacor Setelah diternak

Untuk mengembalikan performa lovebird jantan paska ternak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Memeriksa kondisi fisik dan bulu lovebird jantan sebelum dipindahkan ke sangkar hariannya.
  • Gunakan sangkar bulat untuk memudahkan perawatan hariannya.
  • Untuk mengembalikan performa, berikan pakan yang bagus kualitasnya. Hali ni untuk mencegah bulu burung ambrol ketika diberikan pakan yang kurang terjaga kualitasnya.
  • Tambahkan juga jagung manis yang diberikan sebagai pakan tambahan setiap hari.
  • Keluarkan burung setiap pagi untuk diembunkan, minimal satu jam sebelum matahari terbit.
  • Segera setelah matahari terbit, siapkan cepuk mandi lalu pancing burung agar mau mandi dengan cara disemprot embun menggunakan hand sprayer.
  • Selesai mandi, burung diangin-anginkan sebentar lalu dijemur sampai pukul 10:00 atau 11:00, setelah itu pindahkan ke tempat teduh untuk diangin-anginkan.
  • Langkah selanjutnya adalah menyimpan burung di dalam ruangan dengan kondisi sangkar diberikan full kerodong. Semprot kain kerodong dengan semprotan halus untuk menjaga kelembaban suhu di dalamnya.
  • Lakukan pemasteran dengan suara lovebird betina. Pemasteran dilakukan sampai sore hari.
  • Pada malam hari burung tidak perlu diberikan terapi mandi malam, tetapi cukup disemprot halus pada kain kerodongnya.

Langkah-langkah untuk memancing lovebird jantan kembali ngekek adalah memancingnya dengan suara burung betina. Nantinya setelah burung mulai terlihat aktif ngekek maka durasi penjemuran bisa diturunkan secara bertahap atau cukup 10 – 15 menit saja.

Dengan menerapkan pola rawatan di atas, lovebird jantan akan kembali aktif ngekek setelah diternak dan menghasilkan keturunan, sehingga burung bisa kembali dilombakan seperti biasanya.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *