Settingan Lovebird Jantan Agar Stabil di Lapangan

  • Whatsapp

settingan lovebird jantan agar stabil – Ada anggapan di kalangan lovebird mania bahwa burung jantan sulit diajak bertempur di lapangan, apalagi jika lawan tandingnya kebanyakan adalah lovebird betina. Kalau digantang pun, burung jantan akan menunjukkan perilaku gelisah, memuteri jeruji hingga naik turun tenggeran. Untuk mengatasinya, simak settingannya berikut ini.

Perawatan yang kurang tepat akan menjadikan lovebird jantan cenderung memiliki birahi yang tidak stabil di gantangan sehingga susah untuk dikontrol. Bahkan tak sedikit lovebird mania yang mengeluh burung jantan gacoannya berubah perilaku dan gelisah saat digantang dengan kebanyakan burung betina.

Itu sebabnya, sebelum menggantang lovebird jantan di antara burung betina ada baiknya memahami dulu karakter lovebirdnya masing-masing. Dengan demikian, akan ditemukan pola rawatan dan settingan yang tepat, sehingga birahi lovebird jantan akan tetap stabil meski berada di tengah puluhan betina yang sudah gacor.

Untuk panduan perawatannya, berikut ini adalah settingan lovebird jantan agar stabil di arena lomba sehingga penampilannya akan jadi lebih maksimal meski berada di tengah-tengah betina.

Perawatan harian saat burung tidak dilombakan

  • Pakan diberikan millet putih
  • Setiap hari lovebird tidak diberikan kerodong, namun jika memiliki lebih dari satu ekor lovebird di rumah maka penempatan sangkarnya diberikan sekat agar burung tidak saling melihat.
  • Setiap pagi lovebird dimandikan lalu dijemur selama 3 jam dari pukul 08:00 s/d 11:00.
  • Selesai dijemur, lovebird diangin-anginkan sampai sore hari, setelah itu dimasukkan ke dalam rumah untuk beristirahat.
  • Pada malam harinya, atau sekitar pukul 21:00, lovebird dimandikan lalu diangin-anginkan di dalam rumah.

Settingan lovebird jantan menjelang lomba

Settingan sebelum lomba dilakukan sejak lima hari sebelum lomba atau H-5. Sejak saat itu, burung disendirikan atau dipisah dari keberadaan lovebird lainnya baik dengan cara disimpan di dalam ruangan atau ditempatkan dalam jarak yang berjauhan dan tidak saling melihat.

Pemberian pakan tetap menggunakan Milet, namun kali ini disertai dengan pemberian rutin Multivitamin. Pola rawatan yang diterapkan masih sama seperti perawatan hariannya.

Pada H-2, burung tetap dimandikan dan dijemur, berikan pakan milet, disertai multivitamin namun untuk kali ini diberikan pakan tambahan yaitu satu batang kangkung. Selesai dijemur, burung diberikan full kerodong.

Pada H-1, pakan dan air minum diganti dengan yang masih segar dan bersih. Pada hari ini, burung tidak perlu dimandikan, tetapi cukup dijemur sebentar saja setelah itu berikan satu batang kangkung, dan kembali dikerodong.

Hari-H, sebelum dibawa ke arena lomba, lovebird dimandikan dulu lalu dijemur sampai bulu kering setelah itu dikerodong. Dua jam sebelum digantang, burung diberikan satu batang kangkung.

Nah, itulah settingan lovebird jantan agar stabil di lapangan.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *