Settingan Lovebird Ibu Tiri Agar Gacor dan Konslet

  • Whatsapp

Lovebird mania di Indonesia kini ramai memperbincangkan settingan lovebird dengan menggunakan metode ibu tiri, yang dipercaya mampu menjadikan burung makin gacor atau bahkan konslet. Bagaimana sebenarnya settingan tersebut dilakukan? Yuk, simak dalam settingan lovebird ibu tiri berikut ini.

Settingan lovebird ibu tiri dilakukan dengan cara menjadikan burung betina gacoan menjadi ibu asuh atau ibu tiri untuk anakan lovebird yang didapatkan dari hasil cabutan indukan lainnya. Tujuannya adalah untuk menyetel birahinya, sehingga burung akan terpancing untuk lebih gacor dari biasanya.

Selain itu, settingan dengan sistem ibu tiri ini juga dapat membantu meredam birahi burung gcoan yang sering naik birahinya ketika melihat burung jantan di lapangan. Settingan ini juga umum diterapkan untuk lovebird betina yang emosinya sangat tinggi.

Namun begitu, settingan lovebird ibu tiri tentu harus dilakukan dengan cara yang tepat. Salah perhitungan sedikit saja, lovebird tidak akan mau mengasuh anak tirinya, tetapi justru akan bertindak di luar dugaan, salah satunya adalah membantai anakan tersebut.

Oleh karena itu, sebelum menerapkan settingan lovebird ibu tiri yang sedang viral di kalangan penghobi lovebird, beberapa hal berikut ini perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Lovebird gacoan berjenis kelamin betina,
  2. Burung pernah diternak atau minimal pernah bertelur dan meloloh anak-anaknya. Ini penting, karena untuk settingan untulan macam ini dibutuhkan burung yang sudah berpengalaman.
  3. Anakan lovebird yang masih dalam perawatan lolohan, bisa memilih anakan yang sudah berbulu lengkap namun belum bisa makan sendiri / masih diloloh.

Setelah semua kondisi di atas sudah terpenuhi, tahap berikutnya adalah pengenalan burung anakna kepada ibu angkatnya dengan cara:

  • Memasukkan masing-masing burung dalam sangkar terpisah, lalu diletakkan secara berdekatan.
  • Untuk anakan burung yang masih diloloh, anda bisa memberinya makanan menggunakan spet atau syringe untuk melolohnya.
  • Setelah beberapa hari, anakan lovebird dimasukkan ke dalam sangkar burung betina untuk dilakukan perawatan dan settingannya sambil tetap dilakukan pengamatan terhadap perilaku dan gerak-gerik lovebird betina terhadap anak angkatnya tersebut.

Settingan harian lovebird ibu tiri adalah sebagai berikut:

  • Setiap pagi burung rutin diembunkan atau menjalani pengembunan,
  • Setelah matahari terbit, burung segera dijemur dengan durasi disesuaikan kebiasaan sehari-hari.
  • Untuk pemberian pakan sebaiknya gunakan pakan milet, Sedangkan untuk pakan tambahannya bisa diberikan potongan jagung muda.
  • Pemberian milet untuk mendukung pertumbuhan burung anakan yang sedang diloloh oleh induk angkatnya. Selain itu, pakan ini juga memiliki manfaat untuk menngkatkan birahi tanpa menjadikan burung over birahi sehingga sangat tepat diberikan untuk program untulan / settingan lovebird ibu tiri ini.

Settingan lapangan lovebird ibu tiri:

  • Lovebird dibawa ke lapangan bersama untulannya.
  • Sebelum digantang, lovebird dipisahkan dari untulannya lalu disemprot embun, setelah itu diangin-anginkan.

Demikian tips dan settingan lovebird ibu tiri untuk harian dan lapangan. Perlu diperhatikan jug, settingan lovebird ibu tiri ini sebaiknya dilakukan dengan tidak melepaskan pengamatan perilaku untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terhadap anakan burung lovebird tersebut.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *